Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan AI Amazon Bedrock Segera Hadir di Indonesia

Kompas.com - 18/06/2024, 16:00 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - Amazon Web Services (AWS) memastikan layanan Bedrock akan segera hadir di Indonesia. Sebelumnya, Bedrock dirilis secara global pada April 2023 lalu.

Amazon Bedrock adalah layanan yang ditawarkan oleh Amazon Web Services (AWS) yang memungkinkan pengembang (developer) aplikasi untuk membangun dan mengimplementasikan aplikasi pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan (AI) dengan menggunakan model foundation AI.

Layanan ini memberikan akses ke berbagai model foundation dari penyedia model AI terkemuka, seperti AI21 Labs, Anthropic, Stability AI, serta model Titan dari Amazon sendiri.

"Bedrock menyediakan akses ke beberapa large language model yang di-develop oleh perusahaan yang paling mutakhir di dunia," kata Anthony Amni, Country Manager Amazon Web Services Indonesia kepada KompasTekno, Jumat (14/6/2024).

"Itu (Bedrock) akan segera tersedia di Indonesia," lanjutnya.

Baca juga: Amazon Rilis Chip AI Trainium2 dan Graviton4

Harapannya, menurut Anthony, dengan adanya Bedrock di Indonesia, perusahaan di Tanah Air  bisa dengan sangat mudah membangun aplikasi yang menggunakan kemampuan generatif AI, yang mudah dan terjangkau.

"Dengan Bedrock menjadi the gateway atau marketplace untuk AI, setiap kali ada (tools AI) yang baru, pasti akan tersedia di situ," ujar Anthony.

Amazon berharap Bedrock bisa dipakai mulai dari perusahaan startup hingga perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, seperti di jasa perbakan, perminyakan dan lain sebagainya, yang membutuhkan data residensi.

Anthony Amni, Country Manager Amazon Web Services Indonesia.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto. Anthony Amni, Country Manager Amazon Web Services Indonesia.

Bedrock memungkinkan pelanggan AWS untuk membangun aplikasi di atas model AI generatif dan menyesuaikannya dengan data milik mereka.

Baca juga: Amazon Perkenalkan Q, Chatbot AI untuk Developer dan Pekerja TI

Dengan memanfaatkan model-model ini, merek dan pengembang juga dapat membuat "agen" AI yang secara otomatis menjalankan tugas-tugas sesuai kebutuhan perusahaan.

Amazon mengklaim bahwa Bedrock akan menjadi "layanan AI generatif yang dikelola secara penuh" pertama yang menawarkan Llama 2, baik dengan 13 miliar atau 70 miliar parameter.

Parameter adalah bagian dari model yang dipelajari oelh AI, dan menentukan keterampilan model pada suatu masalah.

Amazon Bedrock merupakan solusi tanpa server, sehingga pelanggan tidak perlu mengelola infrastruktur apa pun, dan dapat dengan aman mengintegrasikan dan menggunakan kemampuan AI generatif ke dalam aplikasi mereka menggunakan layanan AWS yang sudah dikenal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com