Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Dirilis, HP Realme GT 6 Malah Dirampok Saat Dikirim

Kompas.com - 18/06/2024, 19:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Smartphone kelas atas (flagship) Realme GT 6 direncanakan meluncur di pasar global, termasuk Spanyol, pada 20 Juni 2024 mendatang.

Akan tetapi, peluncurannya di Spanyol kemungkinan harus diundur. Musababnya, seluruh unit Realme GT 6 yang sedang dikirim untuk gelombang (batch) pertama peluncuran, telah dicuri dalam perjalanannya ke negara itu.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh akun resmi Realme Spanyol di media sosial X (dahulu Twitter).

"Keluarga Realme yang terhormat, kami harus meminta maaf kepada Anda. Karena alasan di luar kendali kami, smartphone Realme GT 6 kami telah dicuri dalam perjalanannya ke Spanyol," tulis akun dengan handle @realmeespana, dalam posting yang diunggah pada Jumat (14/6/2024).

"Kami belum dapat memulihkan (smartphone yang hilang) meskipun telah melakukan segala cara yang tersedia. Jadi, kami belum dapat menjamin pengalaman pembelian dalam toko sesuai yang kami inginkan selama pekan peluncuran (Realme GT 6)," lanjut posting tersebut.

Baca juga: HP Flagship Realme GT 6 Dipastikan Rilis di Indonesia

Realme tidak menjelaskan kronologi pencuriannya secara lengkap. Kronologi lengkap ini terungkap lewat laporan terpisah yang dilakukan oleh portal berita teknologi Spanyol, Zonamovilidad.es.

Menurut laporannya, pencurian Realme GT 6 ini terjadi pada 29 Mei 2024 di sore hari waktu setempat. Saat itu, pengemudi kendaraan pengangkut unit Realme GT 6 sedang beristirahat di area servis (rest area), walaupun tempatnya tidak dirincikan.

Kemudian, pengemudi tersebut dirampok dan ditodong senapan api oleh sekelompok penjahat. Penjahat tersebut langsung membuka truk dan mengosongkan segala muatan di dalamnya.

Kejadian ini membuat Realme harus mengerahkan semua fasilitas transportasinya agar pengiriman Realme GT 6 di Spanyol bisa terus berjalan.

Akan tetapi, Realme Spanyol tetap mengingatkan jumlah unit yang terbatas pada hari-hari pertama peluncuran smartphone teranyarnya, dan juga keterlambatan pengiriman unit ponsel Realme GT 6.

Insiden ini menimbulkan pertanyaan penting mengenai langkah-langkah keamanan yang diterapkan untuk pengangkutan barang-barang bernilai tinggi.

Baca juga: Realme C63: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Sebab, Realme GT 6 yang dicuri tidak hanya berpotensi menunda peluncuran ponsel itu, tetapi juga memungkinkan banyaknya smartphone tersebut yang muncul di pasar gelap ilegal (black market).

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari GizChina, Selasa (18/6/2024), Realme dan perusahaan teknologi lainnya bisa saja mengimplementasi protokol keamanan tambahan ketika mendistribusikan barang berharga.

Hal itu mencakup penggunaan kendaraan yang lebih aman dan teknologi pelacakan yang canggih, serta peningkatan kolaborasi dengan badan keamanan untuk menjaga pengiriman.

Bocoran spesifikasi Realme GT 6

Secara spesifikasi, Realme GT 6 dilaporkan bakal memiliki layar dengan refresh rate 120 Hz dan tingkat kecerahan (brightness) maksimum 6.000 nits.

Smartphone ini konon ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 3.

Ponsel terbaru Realme ini ditopang oleh baterai jumbo berkapasitas 5.500 mAh, yang didukung dengan teknologi pengisian cepat (fast charging) berdaya 120 Watt.

Realme GT 6 konon memiliki RAM 8 GB/12 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB/256 GB/512 GB.

Realme GT 6 juga dipastikan meluncur di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com