Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Pencarian Google Bakal Ditampilkan per Halaman Lagi

Kompas.com - 01/07/2024, 19:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 2021 lalu, Google menghadirkan fitur Continuous Scrolling di laman mesin pencari (search engine) Google.com untuk versi mobile

Fitur ini, yang juga menyambangi Google.com versi desktop pada 2022 lalu, memungkinkan pengguna menelusuri hasil pencarian secara terus menerus dengan cara menggulirkan (scroll) layar ke bawah, tanpa harus berpindah halaman, dengan mengeklik.

Kini, fitur Continuous Scrolling tampaknya akan dipensiunkan Google mulai bulan ini, dan Google akan mengembalikan hasil pencarian di Google.com seperti dahulu, yakni dengan tampilan per halaman.

Begitu menurut informasi yang disampaikan juru bicara Google kepada kanal berita yang biasa membahas teknologi search engineSearchEngineLand. 

Baca juga: Fitur Google Search Berbasis AI Kini Bisa Dicoba di Indonesia

Setelah fitur Continuous Scrolling hilang, pengguna Google.com versi desktop nantinya akan bisa melihat tombol "Next" di bagian paling bawah laman pencarian, untuk melanjutkan ke hasil pencarian berikutnya. 

Kemudian untuk Google.com versi mobile, pengguna akan bisa melihat tombol serupa, tepatnya "More results" untuk melanjutkan ke hasil pencarian berikutnya.

Dengan kata lain, Google.com, baik itu desktop maupun mobile, tidak akan memperbarui halaman secara otomatis apabila pengguna melakukan scroll hingga hasil pencarian paling bawah.

Kepada SearchEngineLand, Google menyebut alasan kembalinya tampilan hasil pencarian per halaman ini adalah untuk mempersingkat waktu tunggu serta meningkatkan efisiensi pemuatan halaman hasil pencarian itu sendiri. 

Baca juga: Cara Hapus Aplikasi Ekstensi yang Menumpuk di Google Chrome

Hal ini bisa dibilang wajar karena Continuous Scrolling sejatinya akan memaksa Google.com untuk memuat hasil pencarian terus menerus ketika pengguna melakukan scroll pada layar. Artinya, search engine tersebut akan terus bekerja tanpa henti, dan pengguna juga terpaksa akan mengeluarkan data atau kuota internet lebih banyak.

Selain itu, Google juga menyebut fitur Continous Scrolling juga ternyata gagal untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam menelusuri hasil pencarian. Padahal, fitur ini awalnya hadir supaya pengguna bisa menelusuri hasil pencarian seperti mereka mengakses media sosial, yaitu dengan cara scrolling.

Nah, untuk ketersediaan, hasil pencarian per halaman di Google.com versi desktop akan mulai bisa dilihat pengguna mulai pekan ini.

Untuk tampilan hasil pencarian Google.com versi mobile akan menyusul dalam beberapa waktu ke depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SearchEngineLand, Senin (1/7/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com