Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Huawei Tandai Aplikasi Google sebagai Malware

Kompas.com - 03/11/2023, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna smartphone Huawei melaporkan gangguan pada ponselnya. Gangguan itu terkait dengan aplikasi Google yang ditandai Huawei sebagai virus. 

Pengguna yang terdampak, mendapati notifikasi yang menyebutkan bahwa aplikasi Google adalah virus. Huawei bahkan menyarankan pengguna untuk segera menghapus aplikasi Google itu.

Kejadian ini tampaknya terjadi pada pengguna HP Huawei secara acak, seperti dikeluhkan di situs dukungan Google. Beberapa dari mereka yang mengalaminya adalah pengguna ponsel Huawei P10, Huawei Mate 10 Pro, Huawei P30 Pro hingga Mate 20 X.

Perlu diketahui bahwa semua model ponsel yang disebutkan itu, memiliki aplikasi Google bawaan karena masih didukung oleh Google Mobile Service.

Huawei P30 Pro misalnya, dirilis pada April 2019, beberapa bulan sebelum Huawei masuk daftar hitam AS, dan dilarang pakai aneka layanan Google. Begitu pula dengan Huawei P10, Mate 10 Pro dan Mate 20 X yang rilis sebelum Huawei P30 Pro. 

Baca juga: Segera Hapus! Aplikasi Android Ini Disusupi Malware yang Bisa Sedot Rekening

Salah satu pengguna Huawei P10 mengatakan ia mendapati notifikasi bahwa aplikasi Google di ponselnya terdeteksi sebagai malware.

"HP Android saya, (Huawei P10) mendeteksi aplikasi Google sebagai trojan, khususnya TrojanSMS-PA, saya mencopot instalasi aplikasi dan mengubah sandi, lalu ketika unduh ulang, aplikasi itu ditandai lagi dengan masalah yang sama," kata salah satu pengguna dengan nama SM SM 7012 di laman web Google Support.

Huawei tandai aplikasi Google sebagai malwareGizchina Huawei tandai aplikasi Google sebagai malware

Secara teknis Huawei menilai aplikasi Google sebagai virus TrojanSMS-PA. Virus ini semacam malware yang menyamar sebagai aplikasi resmi, padahal program jahat.

Malware pada umumnya jika ter-install di ponsel, memungkinkan hacker memiliki kendali ke perangkat. Dengan begitu, mereka bisa dengan mudah mendapat berbagai data pribadi termasuk password dan lain sebagainya.

Baca juga: Huawei Siap Kembali dan Sebut Pemblokiran AS sebagai Normal Baru

Pada kasus lainnya, pengguna melaporkan bahwa aplikasi Google disarankan tidak di-install di ponsel Huawei. Berbeda dengan kasus di atas, di kasus ini aplikasi Google dinilai mengirim SMS secara privat.

Huawei menilai aplikasi Google sebagai malware9to5Google Huawei menilai aplikasi Google sebagai malware

Selain dinilai sebagai trojan, aplikasi Google juga disebut "terdeteksi mengirimkan SMS secara privat, merayu pengguna membayar konten dewasa, mencuri data pribadi, hingga menyebabkan kerusakan atau kebocoran privasi".

Lantas mengapa masalah itu bisa terjadi? 

Kemungkinan besar masalahnya ada pada software Huawei yang keliru mengidentifikasi aplikasi Google sebagai trojan, dilansir dari 9to5Google, Jumat (3/11/2023).

Baca juga: Ada Malware Berbahaya di iPhone, Menyusup lewat iMessage

Kemungkinan peringatan virus dikeluarkan oleh aplikasi Huawei Optimizer, yaitu aplikasi manajemen memori/penyimpanan bawaan Huawei.

Sejumlah pengguna berkata bahwa dengan membersikan cache aplikasi "Phone Manager", masalah Google teridentifikasi sebagai malware ini bisa teratasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com