Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur "Event" Hadir di Group Chat WhatsApp, Sudah Tersedia di Indonesia

Kompas.com - 01/07/2024, 12:06 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Mei lalu, WhatsApp merilis fitur Event yang tersedia di Komunitas (Community) WA. Fitur tersebut memudahkan pengguna membuat undangan sebuah acara.

Nah, fitur Event ini kini hadir di percakapan grup. Pengguna WA di Indonesia juga sudah kebagian.

Pantauan KompasTekno pada Senin (1/7/2024) pagi, kami sudah bisa menemui menu "Event" di dalam sebuah Group Chat. 

Menu Event ini termasuk ke dalam deretan menu lampiran alias attachment yang meliputi "Document", "Audio", "Location", "Poll", dan lain sebagainya. Tombol lampiran terletak di kolom input teks pada bagian bawah kanan Group Chat, tepat di sebelah kiri tombol kamera.

Nah, dengan menu Event di Group Chat ini, pengguna bisa langsung membuat undangan acara di Group Chat WhatsApp.

Ketika mengeklik menu Event, pengguna bisa mengisi detail atau rincian acara tersebut. Beberapa detail yang bisa diisi mencakup nama, deskripsi, tanggal, hingga lokasi acara, sebagaimana tampak pada gambar di bawah ini.

Baca juga: Fitur Event di Komunitas WhatsApp Hadir di Indonesia, Bisa Bikin Undangan Langsung di Grup

Ilustrasi fitur Event yang kini sudah hadir di Group Chat WhatsApp di Indonesia.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi fitur Event yang kini sudah hadir di Group Chat WhatsApp di Indonesia.

Dalam laman yang sama, pengguna juga bisa menambahkan tautan (link) WhatsApp Call (suara maupun video) supaya pengguna yang tidak bisa hadir secara langsung (offline) tetap bisa mengikuti acara secara online.

Setelah semuanya sudah diatur, pengguna lantas bisa menekan tombol "Send" untuk mengirimkan undangan acara tersebut ke anggota suatu grup di Komunitas WhatsApp.

Jika sebuah jadwal Event sudah dibuat, pengguna bisa mengubah detail Event tersebut dengan mengeklik tombol "Edit event".

Tombol ini juga bisa digunakan untuk menghapus Event yang sudah dibuat apabila ada kesalahan atau memang acara tiba-tiba dibatalkan.

Perlu dicatat, hanya pengguna yang membuat Event saja yang bisa mengedit detail undangan acara yang sudah dibuat.

Baca juga: Daftar 47 HP Android dan iPhone yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp Lagi Tahun Ini

Pengguna lainnya yang melihat undangan acara alias Event ini hanya akan bisa melihat tombol "Respond" atau "Balas", yang berfungsi untuk merespons apakah mereka bisa hadir atau tidak di acara yang sudah direncanakan tersebut.

Untuk membuat Event di dalam Group Chat WhatsApp, pastikan pengguna sudah memakai veris WhatsApp terbaru. 

Di uji coba kami, versi WhatsApp yang terpasang adalah versi 2.24.12.78. Artinya, pastikan versi WhatsApp pengguna Indonesia sudah berada minimal di versi tersebut, apabila mereka belum menemukan fitur Event di Group Chat. 

Bagi pengguna yang belum mendapatkan fitur Event di Group Chat namun sudah memiliki versi WhatsApp teranyar, mereka agaknya harus bersabar sedikit. Sebab, fitur-fitur terbaru WhatsApp biasanya digelontorkan secara bertahap kepada para penggunanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com