Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Search Kini Bisa buat Cek "Grammar"

Kompas.com - 09/08/2023, 12:01 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Google Search kini memungkinkan pengguna melakukan pemeriksaan tata bahasa (grammar) bahasa Inggris, langsung di kolom pencarian. Dengan demikian, pengguna tak perlu lagi mengunduh aplikasi atau program khusus untuk mengecek grammar secara terpisah.

Google mengatakan fitur pengecekan tata bahasa berfungsi untuk memeriksa apakah logika kalimat yang ditulis sudah tepat atau belum.

Pantauan KompasTekno, pengecekan tata bahasa Inggris hanya bisa diakses melalui Google Search versi desktop, setidaknya untuk saat ini. Pengecekan grammar bisa langsung dilakukan melalui kolom pencarian Google Search.

Baca juga: Google Search Siapkan 5 Fitur Baru untuk Berantas Misinformasi

Caranya, cukup tulis atau copy-paste (salin-tempel) kalimat bahasa Inggris yang ingin dicek, lalu diikuti frasa “grammar check”, “check grammar”, ataupun “grammar checker” di bagian akhir kalimat.

Contohnya seperti "i’m going to work now grammar check". Kemudian, klik tombol "enter".

Hasil pengecekan tata bahasa (grammar) di kolom pencarian Google (Google Search)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil pengecekan tata bahasa (grammar) di kolom pencarian Google (Google Search)

Nantinya, sistem akan memunculkan hasil pengecekan dengan tulisan “Grammar Check”. Apabila ada kalimat yang kurang tepat atau susunan kalimatnya tidak lengkap, Google Search akan menampilkan perbaikan kalimat dalam bentuk tulisan yang ditebalkan (bold) dan juga digarisbawahi (underline).

Perbedaan tersebut ditujukan agar pengguna bisa langsung mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah kalimat diperbaiki. Pengguna bisa dengan cepat mengetahui bagian kalimat mana yang salah atau kurang lengkap.

Dalam penjelasan di Grammar Check Google Search, disarankan agar pengguna menuliskan kesatuan kalimat secara lengkap. Semakin lengkap kalimat yang ditinjau, hasil pengecekan tata bahasanya disebut akan semakin akurat.

“Rekomendasi tata bahasa akan semakin akurat pada kalimat lengkap,” tulis Google.

Hasil grammar yang sudah tepat bisa langsung disalin (copy) oleh penggunaKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil grammar yang sudah tepat bisa langsung disalin (copy) oleh pengguna

Apabila kalimat yang ditanyakan tidak bermasalah dan sudah tepat, hasil pengecekan akan memunculkan ikon centang hijau. Artinya, kalimat tersebut sudah benar dan dapat digunakan. Pengguna juga dimungkinkan menyalin (copy) kalimat, jika mendekatkan kursor (hover) ke hasil pengecekan.

Baca juga: Microsoft Ingin Kalahkan Google Search dengan AI ChatGPT

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari 9to5Google, Rabu (9/8/2023), pengecekan tata bahasa ditenagai oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk menganalisis kalimat dan bahasa.

Akan tetapi, Google mengimbau pemeriksaan grammar kemungkinan tidak 100 persen akurat, khususnya untuk sebagian kalimat.

Maka dari itu, lebih baik hindari penggunaan frasa saja. Sebab, beberapa jenis frasa dalam bahasa Inggris terdiri kosa kata yang tidak dapat berdiri sendiri dan harus dipasangkan dengan kalimat lain untuk bisa menjadi satu kesatuan arti.

Bila selama proses pengecekan tata bahasa ditemukan kendala, pengguna dapat langsung mengeklik "Feedback" yang terletak di kotak kanan bawah hasil pengecekan grammar. Hasil pengecekan yang tidak relevan atau tidak membantu bisa disampaikan melalui menu tersebut.

Adapun untuk meningkatkan keamanan dan perlindungan kepada penggunanya, Grammar Check tidak dapat digunakan untuk meninjau kalimat yang mengandung kekerasan, berbahaya, bahasa vulgar atau tidak senonoh.

Kebijakan tersebut sudah diatur di dalam Kebijakan Konten untuk Pencarian Google (Content Policies for Google Search). Untuk lebih jelasnya mengenai kebijakan tersebut, bisa diakses melalui tautan berikut ini.

Fitur Grammar Check sebetulnya tidak benar-benar baru hadir di layanan Google. Layanan lain seperti Gmail dan Google Docs sudah kedapatan fitur pengecekan grammar sejak beberapa tahun lalu.

Hadirnya Grammar Check di Google Search, secara tidak langsung melengkapi sejumlah fitur yang sudah dimiliki mesin pencari itu, seperti tes kecepatan internet (speed test), alat pemilih warna (color picker), spinner (atau wheel name), kalkulator, pemutar koin (flip a coin), metronom, kocok dadu (roll a dice), dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com