Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Search Bisa Rangkum Artikel Panjang di Website Menggunakan AI

Kompas.com - 18/08/2023, 15:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google makin serius menambahkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif ke mesin pencarinya, Google Search.

Google mulai menguji coba fitur AI baru bernama "Search Generative Experience (SGE)" mulai 15 Agusuts 2023. Fitur SGE tersebut memungkinkan pengguna mendapatkan intisari atau ringkasan berupa poin-poin penting dari konten teks panjang yang dibaca lewat aplikasi Google.

Melalui blog resminya, Google memberikan gambaran tampilan dan cara kerja fitur SGE berbasis AI ini.

Nantinya, pengguna yang membaca artikel panjang dari website tertentu melalui aplikasi Google, akan melihat keterangan "Get AI-powered key points" dengan opsi "Generate" (hasilkan).

Misalnya ketika pengguna membaca artikel sejarah suatu tempat. Saat opsi "Generate" diklik, pengguna akan disuguhi ringkasan berupa poin-poin. Pengguna bisa mengeklik poin ringkasan tersebut.

Kemudian, pengguna akan dibawa ke isi artikel yang relevan dengan poin ringkasan tersebut. Ini akan membantu pengguna memeriksa fakta dan memperoleh informasi tambahan tentang poin ringkasan tersebut.

Baca juga: Kominfo Siapkan Regulasi Penggunaan AI

Selain ringkasan, pengguna juga akan melihat sejumlah daftar pertanyaan yang relevan dengan isi artikel. Jawaban dari pertanyaan itu pun bisa didapatkan dari artikel.

Fitur Search Generative Experience juga menyediakan opsi "Explore more" untuk membantu pengguna mendalami soal tema tertentu yang relevan dengan artikel yang dibaca.

Untuk saat ini, fitur baru Search Generative Experience di bawah Search Labs hanya tersedia dalam bahasa Inggris dan hanya untuk pengguna tertentu di AS. Fitur ini tengah diuji coba di aplikasi Google di perangkat Android dan iOS. Berikut cara menjajal fitur SGE.

Baca juga: Lowongan Kerja Bidang AI Naik 1.000 Persen, Ada 10 Skill yang Paling Dicari

Fitur AI SGE ini bakal menyusul diuji coba di peramban (browser) Google Chrome dalam beberapa waktu ke depan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog Google, Jumat (18/8/2023).

Belum ada informasi apakah fitur Search Generative Experience berbasis AI ini bakan dirilis ke pengguna Google secara umum atau tidak. Saat ini, Google sudah punya chatbot AI Google Bard yang bisa dicoba pengguna umum, termasuk di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com