Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Video Note, Kirim Pesan Video Pendek Lebih Mudah

Kompas.com - 04/07/2024, 19:05 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Platform pesan instan WhatsApp menyiapkan fitur baru bernama Video Note. Fitur Video Note ini serupa dengan Video Message. Namun, akan lebih mudah diakses pengguna.

Fitur Video Note sebenarnya bukan barang baru. Fitur semacam ini sudah hadir sejak 2023 lalu dengan nama Video Message dan ditujukan untuk memperkaya pengalaman berkirim pesan pengguna WhatsApp.

Untuk merekam Video Message pengguna harus menekan dan menahan ikon kamera dalam percakapan. Hal ini kerap membingungkan pengguna karena sering tertukar dengan tombol Voice Note.

Dalam pembaruan ini, Video Note bisa dibuat tanpa perlu menahan tombol kamera di dalam percakapan. Caranya hanya dengan mengeklik ikon kamera satu kali.

Nanti sistem akan mengalihkan pengguna ke tampilan kamera. Di sana, ada opsi baru, yaitu Video Note. Pengguna bisa menggeser tampilan kamera ke menu Video Note untuk merekam video instan. 

Menurut temuan WABetaInfo, WhatsApp masih menguji coba fitur Video Note tadi di WhatsApp Android 2.24.14.14 versi beta. Artnya, fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan hanya tersedia terbatas untuk pengguna beta saja. Belum dirilis secara resmi ke publik.

Baca juga: WhatsApp Rilis Fitur Event untuk Grup WA, Ini Fungsi dan Cara Pakainya

Fitur baru ini juga disebut-sebut menawarkan pengalaman yang lebih efektif dan efisien dalam membagikan pesan lewat kamera.

“Fitur ini mengeliminasi cara akses fitur sebelumnya dengan tap and hold (tekan dan tahan) ikon kamera di kolom chat,” jelas WABetaInfo.

Tampilan fitur Video Note di WhatsApp yang dibagikan oleh WABetaInfo di situs resminyaWABetaInfo Tampilan fitur Video Note di WhatsApp yang dibagikan oleh WABetaInfo di situs resminya

Dari pernyataan di atas, kemungkinan besar Video Note yang bakal dihadirkan WhatsApp bakal menggantikan posisi fitur Video Messages. Sedikit konteks, pengguna sebelumnya dapat berbagi video berdurasi 60 detik hanya dengan tap and hold ikon kamera di kolom chat.

WhatsApp akan menghitung mundur selama tiga detik sebelum kamera benar-benar merekam gambar. Kini, pengguna tidak perlu lagi tekan dan tahap ikon kamera. Caranya hanya dengan mengeklik ikon kamera satu kali.

Nanti sistem akan mengalihkan pengguna ke tampilan kamera. Di sana, ada opsi baru, yaitu Video Note. Pengguna bisa menggeser tampilan kamera ke menu Video Note, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WABetaInfo, Kamis (4/7/2024).

Secara tampilan, format video yang ditampilkan Video Note dan Video Messages cukup serupa. Keduanya sama-sama menawarkan format video dengan ukuran lingkaran. Namun, durasi maksimal dari Video Note belum diketahui.

Baca juga: Cara Nobar di WhatsApp dengan Mudah dan Praktis

Apabila dibandingkan dengan fitur Video Message, pengguna hanya dapat merekam durasi maksimal hingga 60 detik (1 menit) saja. Bila kehadiran Video Note benar-benar menggantikan Video Messages, boleh jadi durasi maksimal kontennya juga serupa.

WABetaInfo mengatakan bahwa kehadiran fitur Video Note sebenarnya ditujukan untuk mengatasi kebingungan pengguna soal cara merekam Video Note. Makanya, lewat Video Note, diharapkan pengguna bisa memiliki percakapan di ruang obrolan dengan cara yang lebih intuitif.

Untuk saat ini, ketersediaan fitur Video Note masih terbatas untuk segelintir pengguna saja. Bila Anda bukan pengguna beta, pastikan terus update aplikasi secara berkala di Google Play Store atau Apple App Store untuk mendapatkan fitur teranyar dari WhatsApp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com