Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Uji Coba Fitur Balas Pesan Video dengan Video

Kompas.com - 28/06/2024, 09:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Aplikasi perpesanan instan WhatsApp (WA) tengah menguji coba fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk membalas pesan video instan (instant video message) dengan sebuah video (video reply).

Instant video message adalah pesan video singkat yang bisa dikirimkan dengan menahan (hold) tombol kamera di kolom obrolan (chat) WA. Hasil video akan berbentuk lingkaran, bukan kotak seperti video reguler.

Sebelumnya, ketika pengguna mengirimkan pesan video instan di WhatsApp, penerima pesan tersebut hanya bisa membalasnya dengan teks atau audio.

Baca juga: Cara Kirim Pesan Video WhatsApp di iPhone dengan Mudah

Kini, pengguna akan menemukan tombol khusus untuk membalas pesan itu dengan video.

Fitur baru WhatsApp ini terendus oleh pembocor WABetaInfo, tepatnya di WhatsApp Beta Android versi 2.24.14.5.

Dalam tangkapan layar (screenshot) yang dibagikan oleh WABetaInfo, dapat terlihat sebuah tombol menyerupai kamera yang diletakkan di sebelah kanan pesan video.

WhatsApp tengah menguji coba fitur yang memungkinkan pengguna membalas pesan video instan dengan sebuah video. Dengan begitu, pertukaran pesan menjadi lebih efisien.9to5Google WhatsApp tengah menguji coba fitur yang memungkinkan pengguna membalas pesan video instan dengan sebuah video. Dengan begitu, pertukaran pesan menjadi lebih efisien.
Ketika ditekan, pengguna langsung bisa mengirim video balasan tanpa harus menuju kolom obrolan dan menahan tombol kamera seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan. Alhasil, pertukaran pesan menjadi lebih efisien.

Catatannya, fitur balas pesan video WhatsApp ini masih diuji coba dan belum digelontorkan secara luas ke semua pengguna.

Fitur ini juga baru dites di smartphone dengan sistem operasi (OS) Android, sehingga ponsel iOS tidak kebagian.

WhatsApp sendiri belum mengonfirmasi kehadiran fitur ini secara resmi dan tanggal rilisnya, sebagaimana dikutip KompasTekno dari 9to5Google, Jumat (28/6/2024).

Siapkan fitur transfer chat

WhatsApp juga tengah menyiapkan fitur yang memudahkan pengguna saat memindahkan riwayat (chat history) percakapan dari perangkat lama ke perangkat baru.

Dengan fitur transfer chat ini, pengguna cukup memindai kode QR untuk memindahkan riwayat percakapan.

Baca juga: WhatsApp Rilis Fitur Pesan Video Instan, Indonesia Sudah Kebagian

Biasanya untuk memindahkan riwayat percakapan dari iPhone ke Android membutuhkan kabel USB-C to Lightning atau USB-C to USB-C untuk iPhone 15 series.

Sementara itu, untuk mentransferchat WhatsApp dari Android ke iPhone membutuhkan aplikasi bernama Move to iOS di perangkat Android.

Kemudian, untuk Android-to-Android ataupun iPhone-to-iPhone, keduanya sama-sama harus melakukan pencadangan data lewat Google Drive atau iCloud, lalu memulihkan data  di smartphone baru.

Menurut WABetaInfo fitur transfer chat baru masih dalam proses pengembangan, dan baru digelontorkan dalam versi beta saja, yakni WhatsApp beta Android versi 2.24.13.6.

WABetaInfo menjelaskan bahwa fitur ini akan bisa diakses lewat menu "Settings" > "Chats" > "Transfer Your Chat"

Nantinya akan muncul jendela baru bertuliskan “Transfer chat history from old phone” (Pindah riwayat chat dari smartphone lama).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com