Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Joki Strava, Tawarkan Jasa Lari Rp 2.000 Per Kilometer

Kompas.com - 05/07/2024, 07:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Olahraga lari kini sedang digemari di Indonesia. Ini terlihat dari masyarakat yang ramai-ramai flexing alias memamerkan outfit lari, performa larinya di media sosial, baik ketika sedang fun run maupun mengikuti maraton atau kompetisi lari.

Salah satu aplikasi yang ramai digunakan di kalangan pelari adalah Strava. Bahkan, ada meme viral di internet berbunyi "If it's not on Strava, it didn't happen". Meme ini memiliki makna, jika lari tidak dilacak dengan Strava, berarti Anda tidak lari.

Di aplikasi berbasis GPS ini, orang bisa melacak beberapa hal seperti kecepatan, rute, pace, jarak tempuh, durasi, elevation gain, denyut jantung, hingga kalori yang terbakar.

Munculnya #JokiStrava di media sosial

Saking ramainya olahraga lari dan flexing Strava saat ini, ada warganet yang membuka jasa joki Strava di media sosial. Joki Strava ini pun langsung viral dan menjadi perbincangan di jagat maya, utamanya platform X/Twitter.

Baca juga: 5 Rekomendasi Smartband mulai Rp 500.000-an buat yang Gemar Olahraga

Salah satu twit viral karena menawarkan joki Strava adalah milik akun dengan handle @hahahiheho. Harga joki Strava yang ditawarkan tersebut menyesuaikan pace, jarak, dan faktor lain.

KompasTekno sudah berusaha mengirim DM ke akun tersebut untuk mengetahui harga dan informasi lain. Sayangnya, kami belum mendapatkan jawaban.

Dari twit @hahahiheho, beberapa pengguna lain jadi terinspirasi membuka joki Strava. Misalnya, seperti akun @Irgsyhs. Ia mengaku siap membuka jasa joki Strava sambil flexing empat riwayat larinya yang dilacak menggunakan Strava.

Akun @spencerrade juga terinspirasi membuka joki Straba untuk online race 5K dan 10K. Menurut akun ini, pembayaran bisa dalam bentuk uang atau dalam bentuk energi bar/gel atau minuman isotonik.

Kami mencoba menghubungi akun lain yang menawarkan jasa #JokiStrava di Instagram dengan handle @jasajokilari. Akun yang dikelola El (nama samaran) ini menawarkan joki untuk acara lari atau jasa menemani lari.

Tidak cuma Strava, ia juga menerima joki untuk aplikasi kebugaran lain, seperti Nike Run Club. Di akunnya, ia ini mengaku sudah lari sebanyak 538 kali, sejauh 2.109 kilometer dengan pace rata-rata 6, sejak 2022.

Ia juga membagikan performa lari terbaiknya, yakni berjarak 5,26 km dengan pace 4 (4 menit 13 detik per kilometer) pakai aplikasi Nike Run Club. Untuk yang belum familiar, pace merupakan istilah untuk waktu yang dibutuhkan untuk menempuh satu kilometer atau satu mil.

Ketika ditanya lewat DM Instagram, @jasajokilari merinci menawarkan joki lari dengan harga sebagai berikut:

  • Pace 7 ke atas - Rp 2.000 per kilometer
  • Pace 6-7 - Rp 2.500 per kilometer
  • Pace 5-6 - Rp 3.000 per kilometer

Untuk memesan @jasajokilari milik El yang berdomisili di Tangerang ini, calon konsumen bisa langsung menghubungi akun tersebut di Instagram. Kemudian, mereka bisa memilih opsi pace dan jarak tempuh yang diinginkan.

Hanya saja, akun Strava yang digunakan untuk merekam data lari adalah milik El, selaku pemberi jasa.

Pembayaran baru dilakukan setelah pemesan menerima tangkapan layar data lari dari aplikasi Strava.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com