Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesepak Bola Cristiano Ronaldo Bikin "Erakulis", Aplikasi Fitness dan Kesehatan Mental

Kompas.com - 21/03/2024, 10:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Atlet sepak bola kenamaan Cristiano Ronaldo membuat aplikasi bernama "Erakulis". Aplikasi ini disebut sebagai aplikasi all-in-one (serba ada) untuk kebugaran, nutrisi, serta kesehatan mental.

Pria yang kerap dijuluki CR7 ini memang dikenal memiliki gaya hidup yang sehat dan disiplin karena sangat memperhatikan pola diet, waktu tidur dan istirahat, hingga rutinitas olahraga. Hal ini membuat bintang sepak bola asal Portugal ini tetap bugar meski usianya kini memasuki 39 tahun.

"Sebagai atlet profesional, disiplin, fokus, dan keseimbangan adalah kunci kesuksesannya di lapangan. Berjam-jam olahraga, perhatian terhadap nutrisi, dan persiapan mental memainkan peran penting dalam perjalanan saya. Kami telah menambahkan fitur-fitur ini ke Erakulis," kata Ronaldo dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Berapa Bayaran Cristiano Ronaldo, Selena Gomez, dkk dari Unggahan Instagram?

Di aplikasi Erakulis, pengguna dapat mengakses rencana kesehatan yang dipersonalisasi. Hal ini meliputi rencana kebugaran, nutrisi, dan kesehatan mental yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan masing-masing pengguna.

Tampilan aplikasi bikinan perusahaan milik Cristiano Ronaldo, Erakulis.Erakulis Tampilan aplikasi bikinan perusahaan milik Cristiano Ronaldo, Erakulis.
Pengguna juga bisa mengakses video olahraga dan statistik setelah melakukan olahraga. Untuk memenuhi nutrisi seimbang, Erakulis menyediakan fitur "resep" yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Pengguna juga bisa mengakses layanan janji temu online untuk mendapatkan saran dan wawasan dari pakar kesehatan dan kebugaran, lewat panggilan video.

Erakulis juga menyediakan dukungan komunitas yang berguna untuk memotivasi dan mendukung perjalanan setiap anggota menuju gaya hidup seimbang.

Ada juga fitur seperti water tracker (pelacak minum air), pelacakan aktivitas (makan, kalori masuk, kalori terbakar, dsb), misi harian, sistem rewards, hingga buku audio. Aplikasi Erakulis ini juga disebut bisa diintegrasikan dengan aplikasi eksternal dan disinkronisasi dengan wearable milik pengguna, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs Erakulis, Kamis (21/3/2024).

Aplikasi Erakulis bikinan CR7 ini dijadwalkan rilis pada 3 April 2024 di platform iOS, Android, dan web. Pengguna bisa berlangganan Erakulis mulai harga 4,99 euro (sekitar Rp 85.358) per bulan atau mulai 59,88 euro (kira-kira Rp 1.024.302) per tahun.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Pakai HP Rp 20 Jutaan di Mobil Khusus untuk Google Maps?

Gaya hidup sehat ala CR7

Penyerang Al Nassr, Cristiano Ronaldo, tengah melepaskan tembakan dalam lanjutan Liga Arab Saudi 2023-2024 antara Al Nassr vs Al Riyadh di Stadion Al-Awwal Park pada 8 Desember 2023. Terkini, Ronaldo resmi menjadi raja gol sepanjang tahun 2023. Terkini, Ronaldo menyebut Man City pantas menjuarai Liga Champions.FAYEZ NURELDINE/AFP Penyerang Al Nassr, Cristiano Ronaldo, tengah melepaskan tembakan dalam lanjutan Liga Arab Saudi 2023-2024 antara Al Nassr vs Al Riyadh di Stadion Al-Awwal Park pada 8 Desember 2023. Terkini, Ronaldo resmi menjadi raja gol sepanjang tahun 2023. Terkini, Ronaldo menyebut Man City pantas menjuarai Liga Champions.
Soal pola diet, Ronaldo disebut bisa makan hingga enam kali sehari, dengan ikan menjadi sebagian besar menu makanan CR7.

CR7 akan mengkonsumsi daging ham dan keju serta yoghurt rendah lemak pada saat sarapan. Ikan todak, tuna dan cod rebus merupakan santapan khusus favoritnya.

Makan siang utama CR7 biasanya terdiri dari ayam dan salad. Ia menganggap ayam sebagai 'makanan ajaib' karena kandungan proteinnya yang tinggi dan rendah lemak.

Untuk menu makan malam, legenda sepak bola ini akan mengisinya dengan daging atau ikan, kemungkinan membaginya menjadi dua porsi. Menu makan malam lain CR7 bisa terdiri dari Steak, ikan todak atau makanan khas Bacalao a la Brasa Lisbon, campuran ikan kod rebus, bawang bombay, kentang yang diiris tipis dan telur orak-arik.

Setelah selesai menyantap makan malam, Ronaldo akan tidur relatif lebih cepat, terutama sebelum pertandingan. Hal ini dilakukan supaya dirinya bisa bangun pagi esok harinya.

Menurut CR7, tidur membantu pemulihan otot yang sangat penting. Bagaimana tidak, sebagai atlet profesional. Ronaldo memang memiliki latihan yang intensif.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com