Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Pisahkan Divisi Bisnis Smartphone

Kompas.com - 12/05/2010, 08:54 WIB

ESPOO, KOMPAS.com - Tertinggal di bisnis smartphone, Nokia pun merestrukturisasi perusahaannya untuk bisa bersaing dengan iPhone buatan Apple, Android Google, dan BlackBerry. Struktur perusahaan Nokia kini dipecah menjadi tiga divisi, salah satunya fokus di bisnis smartphone.

Ketiga unit struktur baru masing-masing Mobile Solutions, Mobile Phones, dan Markets. Mobile Solutions membidangi komputer mobile kelas atas dan smartphone berbasis MeeGo dan Symbian berikut konten, aplikasi, dan layanannya. Sementara ponsel kelas menengah dan bawah yang menggunakan platform S40 berada di unit Mobile Phones. Markets ditujukan untuk penjualan, pemasaran, dan manajemen.

Anssi Vanjoki yang sebelumnya memegang bisnis multimedia dan ponsel mulai Selasa (11/5/2010) ditunjuk untuk memimpin divisi Mobile Solutions tersebut. Pemisahan ini dimaksudkan untuk mempercepat pengembangan smartphone dan mengintegrasikan layanan yang juga dikembangkan Nokia.

Meski masih menguasai pangsa pasar ponsel terbesar dunia, Nokia terus mengalami tekanan. menurut Strategy Analytics, pangsa pasar Nokia pada kuartal pertaam 2010 sekitar 40 persen atau naik dari 38,2 persen pada periode yang sama tahun lalu. Namun, pangsa pasar pesaingnya Apple naik menjadi 16,4 persen dari 10,6 persen pada periode yang sama. Ponsel berbasis Android juga tersu tumbuh bahkan disebut akan menjadi pemain kedua di pasar smartphone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com