Wow, Pengguna Google Plus Sudah 18 Juta! - Kompas.com

Wow, Pengguna Google Plus Sudah 18 Juta!

Kompas.com - 20/07/2011, 16:05 WIB

KOMPAS.com - Google+ melanjutkan mencatat sejarah sebagai jejaring sosial dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Paul Allen, Co-Founder Ancestry.com dalam analisisnya menyebutkan, Google+ telah mencapai 18 juta pengguna hingga hari Selasa (19/7/2011) waktu Amerika. Namun pertumbuhan ini turun 50 persen.

"Pekan lalu, kita melihat lebih dari 2 juta orang meregistrasi Google Plus dalam satu hari," kata Allen dalam analisisnya seperti dikutip Mashable. "Jika angka ini berlanjut, Google Plus akan mencapai 20 juta pengguna pada hari Minggu malam mendatang. Namun dalam empat hari terakhir, pengguna Google Plus rata-rata bertambah 948.000 orang, dan kemarin hanya bertambah 763.00 pengguna. Pertumbuhan kemarin hanya 4,47 persen, ini angka terlambat sejak Google Plus dibuka 6 Juli 2011 lalu," demikian analisis Paul Allen.

Mengapa Google Plus melambat? Google Trends mengindikasikan "buzz" sekitar Google Plus tidak bergerak, dan tak ada "item" utama yang baru. Allen membuat poin penting dengan menyebutkan Google Plus tidak dipromosikan oleh beragam properti lain milik Google. Jejaring sosial ini masih sebatas mengundang. Sekali Google Plus dipromosikan di YouTube atau Google.com, pertumbuhannya meroket.

Sebelumnya Allen memperkirakan Google Plus mencapai 10 juta pengguna pada 12 Juli dan 13 Juli. Angka 10 juta pengguna ini dikonfirmasi CEO Google Larry Page pada 14 Juli.

Pengguna Google Plus yang memiliki pengikut (follower) paling banyak adalah Mark Zuckerberg dengan lebih dari 250.000 pengikut, meskipun Mark tidak memposting satu pun di akun Google Plusnya. (Mashable/KSP)

EditorRobert Adhi Kusumaputra
Close Ads X