Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips "Melukis Foto" dengan iPhone

Kompas.com - 14/02/2012, 19:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbekal iPhone, siapapun bisa mengolah foto hasil jepretan menjadi foto seperti "lukisan". Bahkan kualitasnya juga tidak kalah dengan hasil editan fotografer profesional.

Salah satu pendiri HDRiPhoneographer, Binsar Nasution menjelaskan pada dasarnya foto apapun dari hasil jepretan kamera iPhone bisa langsung diolah untuk dijadikan foto "lukisan" atau berkualitas High Dynamic Range (HDR).

"Kalau memakai kamera biasa, biasanya objeknya yang diatur dalam pemotretan, tapi dalam HDR ini, tergantung kita mengeditnya (dalam istilah HDR dikenal sebagai mencolek)," kata Binsar pada acara Photo walk di Kebon Raya Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/2/2012).

Untuk mengedit foto dari hasil jepretan kamera iPhone, pemilik iPhone bisa mengunduh aplikasi HDR yang ada di App Store. Aplikasi utama yang digunakan adalah Photoshop Express (PSE) dan iCamera HDR.

PSE lebih digunakan untuk menaikkan exposure (dari gelap ke terang atau sebaliknya) serta untuk menghilangkan noise. Tapi, kata Binsar, beberapa pengguna iPhone atau penggemar HDR ini justru lebih senang dengan adanya noise.

Sementara aplikasi iCamera HDR lebih digunakan untuk menghasilkan foto berkualitas HDR. Aplikasi lain yang bisa digunakan adalah PhotoFX dan Snapseed. Kedua aplikasi ini sama-sama digunakan untuk filterisasi tambahan warna.

"PSE dan iCamera HDR merupakan aplikasi utama, yang lain hanya pelengkap," tambahnya.

Kendati demikian, Binsar mengaku tidak ada aturan baku dalam mengolah foto hasil jepretan menjadi foto HDR seperti "lukisan" tersebut. Esensi foto HDR adalah menambah atau mengurangi cahaya (light) dan bayangan (shadow) pada foto.

Untuk bisa memperoleh foto HDR yang bagus, Binsar mengatakan semua tergantung dari colekan pemilik iPhone.

Hal itu juga akan disesuaikan dengan citarasa seni dari pemilik iPhone tersebut. Jika pemilik iPhone itu mengerti seni, maka hanya dalam sekian menit saja, hasil foto "lukisan" itu akan jadi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com