Proview Tuding Apple Menipu Demi Merek iPad


IPAD versi Proview (kiri) dan iPad versi Apple (kanan).

KOMPAS.com - Melalui pengadilan di California, AS, Proview menyebut Apple telah melakukan aksi penipuan saat membeli hak merek dagang untuk iPad. Tapi, apa sebenarnya penipuan yang dimaksud?

Menurut klaim Proview, Apple menyembunyikan identitas aslinya saat hendak membeli merek dagang iPad. Apple disebut sengaja membuat sebuah perusahan dengan nama IP Application Development Limited.

Perusahaan itu dikenal dengan istilah "special purpose entity" alias "dibuat dengan tujuan khusus". Dalam hal ini perusahaan itu sengaja dibuat untuk membeli merek dagang iPad.

Bahkan, nama perusahaannya nampak dirancang sedemikian rupa agar memiliki singkatan IPAD. Hal ini yang dijadikan alasan pembelian hak merek dagang.

Jika tudingan ini benar, artinya Apple melisensikan hak merek dagang itu dari perusahaan IP Application Development (IPAD) yang telah membelinya dari Proview.

Nah, menurut tudingan itu, IP Application Development sepenuhnya dibuat oleh Apple hanya untuk membeli merek dagang iPad. Hal itu dilakukan Apple agar negosiasi harga bisa lebih mudah.

Belum tentu berhasil


Menurut Anna Han, profesor bidang lisensi teknologi di Santa Clara University School of Law in Silicon Valley , gugatan Proview belum tentu berhasil.

Ini karena harusnya mereka menggugat IP Application Development, bukan Apple Inc. Apalagi di perjanjian dengan IP Application Development, tak ada klausul "tidak boleh membuat produk pesaing".

Sedangkan menurut Proview, pihak IP Application Development telah menjanjikan tak akan membuat produk pesaing. Janji itu disampaikan lewat email tapi tidak tercantum di kontrak .

Proview menggunakan merek iPad (dengan bentuk IPAD) untuk produk komputer all-in-one Internet Personal Acces Device. Sebelumnya, Proview sempat sukses sebagai produsen monitor untuk kawasan Asia.

Saat ini Proview masih berjuang untuk mengeluarkan diri dari dampak krisis global 2010. Mereka bahkan terancam dicoret dari bursa di Hong Kong.

 

 

TERBARU
Gadget
Senin, 28 Juli 2014 16.29 WIB
Ini Dia, Daftar 10 Smartphone Terkencang
Gadget
Senin, 28 Juli 2014 13.13 WIB
HTC: Smartwatch Kami Bukan Seperti Itu
Gadget
Senin, 28 Juli 2014 11.11 WIB
LG Bikin Rekor Berkat Android G3
Software
Minggu, 27 Juli 2014 16.09 WIB
Bereskan “Parlemen” Sebelum Berbuka Puasa
Internet
TERPOPULER
Selasa, 22 Juli 2014 13.24 WIB
Ini Akun Instagram Si Cantik Sabina Altynbekova
Rabu, 23 Juli 2014 16.39 WIB
Menkominfo Sudah Teken Peraturan Blokir Konten
Selasa, 22 Juli 2014 18.37 WIB
Ainun Najib, Teknologi Informasi untuk Negeri
Selasa, 22 Juli 2014 09.05 WIB
Ratusan Manajer Samsung Kembalikan Bonus
Kamis, 24 Juli 2014 20.20 WIB
Xiaomi Ingin Kalahkan iPhone