Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Mainan Kreasiku" Karya Nirmana Award Terbaik

Kompas.com - 28/05/2012, 17:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Deden Fathurahman (21) dengan karya desain ilustrasinya berjudul "Mainan Kreasiku" terpilih sebagai Best of the Best karya desain di ajang Nirmana Award, Sabtu (26/5/2012). Deden mengalahkan 15 finalis dalam malam penganugerahan tersebut. Apa rahasianya?

"Karya itu sangat orisinal. Kebanyakan peserta menggunakan layer yang menjiplak luar negeri, tinggal ditempel batik atau wayang. Sedangkan Deden berhasil membuat desain yang sangat dinamis, yang tidak meniru siapapun." ungkap Mayumi Haryoto, salah satu juri dalam kategori Ilustrasi, saat ditemui Kompas.com usai penganugerahan berlangsung.

Ayumi menambahkan, dari kategori Ilustrasi, terdapat lebih dari 200 karya yang masuk. Namun hanya seratusan lebih yang diproses untuk masuk dalam semifinal dan final. Seleksi awal dilihat dari umur, dan tema.

"Setelah didapat 10 besar dan saat kami harus memilih 3 orang finalis saja, kami pun melakukan pengamatan yang lebih dalam, lebih detail. Dari segi konsep, kami mencari yang gambarnya mudah dicerna sehingga mudah dimengerti oleh yang melihat," jelas Mayumi.

Dalam penentuan Best of The Best, juri melakukan skoring pada semua karya yang telah terpilih sebagai finalis. Skoring 1 hingga 10 itulah yang menentukan sebuah desain akan terpilih sebagai "Best of the Best". Pilihan juri, jatuh kepada Deden Fathurahman.

"Mainan adalah kreasi Indonesia yang otentik. Tapi sayang, kini anak-anak kecil jarang yang bermain permainan tradisional. Mereka lebih suka ke warnet, main game dan chatting. Karya saya ini mengingatkan kembali bahwa permainan seperti gasing, kelereng, topeng, sangat terkenal dan pernah dimainkan anak-anak di masanya," jelas Deden saat ditemui Kompas.com.

Mahasiswa Sarjana Strata Satu Jurusan Desain Komunikasi Visual dari Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya ini, memiliki cita-cita ingin menjadi creativepreneur yang mampu berkontribusi di dunia kreatif bukan hanya di Indonesia, tapi juga mancanegara. Bidang Ilustrasi adalah salah satu jalannya untuk mewujudkan itu.

Deden telah memiliki sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Ilustrasi, yakni Mukaku - Face Portrait. Mukaku merupakan studio digital untuk mengubah wajah seseorang. Perusahaan ini sudah berdiri lama, namun mulai aktif secara komersial sejak tahun 2011.

Deden yang sering memenangkan kompetisi desain, sangat optimis bahwa dirinya akan memenangkan Nirmana Award. "Bukannya terlalu percaya diri, tapi saya harus yakin pasti menang. Kemenangan ini menjadi bukti bahwa usaha yang besar, pasti menghasilkan sesuatu yang besar," ungkapnya.

Ide untuk membuat desain "Mainan Kreasiku" diakui Deden cukup lama didapatkan. Sedangkan untuk ekseskusi, Deden menghabiskan waktu 2 hingga 3 minggu. "Yang lama itu mencari idenya. Saat idenya sudah ada, saya berusaha melakukan yang terbaik saja untuk memvisualisasikannya," tutup Deden.

Karya Deden bisa dilihat di website Nirmana Award, langsung dari link berikut :
http://www.nirmanaaward.com/category/vote/ilustrasi/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com