Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avaya Siapkan Solusi IP Office untuk UKM

Kompas.com - 18/09/2012, 18:36 WIB

del/KOMPAS.comRay Teske, Managing Director, Avaya Asian, saat melakukan presentasi pada Selasa siang (18/9/2012)

Jakarta, KOMPAS.com - Avaya memperkenalkan solusi IP Office di Indonesia. IP Office merupakan solusi unified communication (UC) yang ditujukan untuk usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia.

"Solusi Avaya IP Office sangat fleksibel, sehingga cocok untuk UKM," kata Endang Rachmawati, Country Director, Avaya Indonesia, saat berbincang dengan KompasTekno, Selasa (18/9/2012).

"Bisa saja sebuah UKM memulai dengan layanan IP Office yang paling standar. Namun, dengan bertambahnya waktu dan berkembangnya usaha, UKM pasti butuh infrastruktur yang lebih. Layanan kami mendukung hal tersebut," lanjut Endang.

Endang tidak memungkiri kalau harga solusi IP Office milik Avaya memiliki harga yang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan perusahaan pesaing. Namun, solusi milik Avaya memiliki beberapa kelebihan.

Solusi IP Office disimpan dalam sebuah alat. Avaya telah menyajikan semua fitur yang mereka miliki dalam alat tersebut. Sebuah UKM bisa saja hanya memulai dengan sebuah fitur dasar, seperti call center.

Apabila ingin menambah fitur lainnya, seperti recording percakapan, biasanya sebuah UKM perlu menambah fitur baru. Sedangkan dengan menggunakan solusi dari Avaya, UKM tersebut hanya perlu membayar lisensi dari fitur yang diinginkan dan mereka bisa langsung menggunakannya, tanpa harus menambah perangkat baru.

Di saat yang bersamaan, Endang juga memperkenalkan sebuah aplikasi video conference buatan Avaya yang dinamakan Scopia. Aplikasi ini dapat digunakan dari berbagai perangkat, seperti iPad, tablet berbasis Android, hingga smartphone. Melalui perangkat ini, pengguna dapat melakukan meeting dari mana saja, asalkan terdapat koneksi Internet.

Saat ditanya mengenai perbedaan Scopia dengan aplikasi video conference lainnya, seperti Skype, Endang menjawab kalau aplikasi ini lebih mengedepankan kualitas gambar video.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com