Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gantungan Baju yang Unik dan Nyentrik

Kompas.com - 29/10/2012, 14:54 WIB

KOMPAS.com - Hal paling sering menjadi elemen terlupakan saat mendekor kamar tidur adalah gantungan baju. Padahal, sesuatu yang seringkali dianggap remeh ini dapat banyak membantu Anda menggantung jaket atau celana jins yang belum ingin Anda cuci.

Selain berjasa menjadi "lemari tambahan" bagi pakaian Anda, gantungan baju juga dapat menjadi hiasan unik di kamar tidur. Tidak percaya?

Berikut ini beberapa inspirasi gantungan baju unik yang dapat Anda gunakan di rumah. Anda bahkan dapat membuatnya sendiri!

Gantungan kebun binatang lucu

Gantungan baju ini cocok Anda pasang di kamar anak atau bayi Anda. Anda hanya membutuhkan gantungan kayu sederhana yang dijual di pasar dan beberapa mainan kayu berbentuk binatang.

Agar bentuk dan warna binatang-binatang ini lebih menonjol, warnai gantungan baju kayu dengan cat semprot. Setelah cat mengering, tempelkan beragam hewan terbuat dari kayu dengan lem tembak atau lem kayu.

Gantungan vintage dari penggaris

Anda dapat membuat sendiri gantungan baju ini dengan menggunakan beberapa penggaris kayu, hook, lem kayu, dan selembar kayu untuk alas gantungan. Tentu saja, Anda juga membutuhkan bor, beberapa buku besar untuk memastikan penggaris-penggaris Anda merekat kuat, dan sekrup.

Pertama-tama, rancang posisi penggaris Anda di atas selembar kayu yang sudah Anda persiapkan. Usahakan penggaris tersebut menutupi seluruh bagian kayu. Setelah memastikan posisinya, tempel penggaris menggunakan lem kayu. Jangan lupa, gunakan buku-buku berat dan besar untuk memastikan penggaris Anda telah menempel dengan sempurna.

Setelah itu, tempelkan hook ke atas jejeran penggaris menggunakan sekrup dan bor. Kini, Anda telah mendapatkan gantungan bergaya vintage!

Kaleng cat

Pernahkah Anda membayangkan tempat penyimpanan yang mampu menyimpan jaket, kunci, dan bahkan telepon genggam Anda sekaligus? Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan gantungan terbuat dari kaleng cat bekas. Untuk setiap hanger, Anda membutuhkan sebuah kaleng cat yang telah dicuci bersih dan dua sekrup.

Pertama-tama, pastikan handle kaleng cat Anda berada dalam posisi horizontal. Berilah tanda pada bagian kaleng yang akan Anda bor.

Kemudian, rekatkan setiap kaleng dengan dua sekrup yang berjejer vertikal. Setelah yakin dengan posisi kaleng cat Anda, kini Anda sudah bisa mengebor bagian atas terlebih dahulu. Pastikan kembali posisinya, baru kemudian dibor lagi. Setelahnya, kuatkan sekrup dengan menggunakan obeng.

Gantungan dari rantai sepeda

Bagi Anda pecinta sepeda, mungkin Anda akan menyukai ide ini untuk digunakan di garasi. Gunakan rantai sepeda yang sudah tidak Anda gunakan. Bersihkan menggunakan deterjen hangat atau sabun pembersih lainnya. Kemudian, potonglah rantai sepeda sepanjang yang Anda inginkan.

Langkah selanjutnya, bor dinding Anda dan rekatkan rantai sepeda menggunakan sekrup di kedua ujungnya. Manfaatkan juga wall anchor jika tidak yakin dengan material dinding Anda. Setelah terpasang dengan baik, gunakan gantungan berbentuk huruf "S" untuk menggantung baju, handuk, atau perlengkapan lainnya.

Selamat berkreasi!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com