Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Undur Pengumuman CEO Baru

Kompas.com - 10/01/2014, 08:32 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Recode

KOMPAS.com - Perburuan pucuk pimpinan baru di tubuh Microsoft ternyata harus mundur tenggat waktunya. Sebelumnya Microsoft menargetkan di awal Januari 2014 mereka telah menemukan sosok CEO yang diharapkan. Kini, tenggat itu diundur ke sebelum Februari 2014.

Mundurnya tenggat waktu tersebut disebabkan oleh banyak alasan. Salah satunya adalah mundurnya CEO Ford, Alan Mulally, kandidat yang sempat diajukan oleh dewan pemegang saham Microsoft.

Alasan lain adalah padatnya jadwal chairman Intel, Bill Gates di Januari. Jadwal padat Bill Gates tersebut termasuk pidato dari Bill & Mellinda Gates Foundation yang tiap tahun dilakukan pada bulan Januari. Lalu diikuti dengan ajang tahunan Davos yang digelar di Swiss.

Alasan lain kenapa CEO baru Microsoft baru bisa bergabung pada Februari adalah agar CEO tersebut benar-benar membuka lembaran baru.

Microsoft akan mengumumkan laporan keuangan pada Januari ini yang bakal berimbas kepada harga saham. Sehingga jika ada defisit, maka CEO baru tidak bisa disalahkan.

Bill Gates tak disangkal lagi menjadi tokoh penting dalam menentukan CEO. "Ini adalah pencariannya Gates, walau direksi juga ikut terlibat, namun semua keputusan kembali kepadanya, apalagi Gates bakal lebih terlibat dalam menentukan arah perusahaan," ujar salah satu sumber yang dekat dengan masalah ini, seperti dikutip dari re/code (8/1/2014).

Salah satu dampak masa transisi ini adalah, di ajang CES 2014, Microsoft tidak terlalu banyak gembar-gembor. Apalagi memang sejak CES 2013 Microsoft telah memutuskan untuk tidak hadir di ajang tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com