Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Siapkan Aplikasi Kesehatan di iOS 8?

Kompas.com - 11/02/2014, 09:25 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge
Aplikasi Nike Move di iPhone 5S

KOMPAS.com - Apple rupanya sangat tertarik dengan fungsi health monitoring di gadget mobile. Sejumlah eksekutif perusahaan berlambang buah apel ini, misalnya, dikabarkan menemui badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) bulan lalu.

Tujuan dari pertemuan itu, menurut sebuah laporan New York Times, disinyalir tak lain untuk mendiskusikan "aplikasi medis untuk perangkat mobile."

Kabar ini muncul hanya beberapa minggu setelah beredar informasi bahwa Google juga telah menemui FDA untuk membicarakan fungsi health monitoring di perangkat berupa lensa kontak.

Tak seperti pertemuan Google, hasil diskusi Apple dengan FDA tidak dibeberkan, namun sebuah laporan terpisah mengklaim bahwa Apple sedang mengembangkan aplikasi kesehatan bernama "Healthbook".

Healthbook diduga merupakan aplikasi pre-installed yang akan disertakan dengan update iOS 8. Fungsinya adalah untuk memonitor serangkaian parameter dari pengguna yang berkaitan dengan kesehatan, seperti detak jantung dan tekanan darah. Boleh jadi, Healthbook juga akan ditanamkan dalam wearable device Apple yang ramai disebut sebagai iWatch.

Apple sendiri diketahui telah merekrut sejumlah ahli dari bidang medis, fitness, dan wearable device. Produsen gadget ini telah menunjukkan minat besarnya pada health monitoring dengan menyertakan chip khusus bernama M7 pada iPhone 5S.

Chip M7 ini bertugas untuk mengumpulkan data dari berbagai macam sensor di iPhone untuk digunakan pada aplikasi kesehatan macam Nike Move.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com