Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/08/2014, 10:09 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Mashable
Ilutrasi iTunes

KOMPAS.com - Pada awalnya, iTunes adalah software pemutar dan manajemen musik pada komputer berbasis Mac OS. Namun, pada perkembangannya, Apple banyak menambahkan fitur baru sehingga aplikasi ini menjadi tak lagi fokus pada fungsi utama sebagai  music player.

iTunes kini juga  berperan sebagai software manajemen film, TV, buku digital, aplikasi untuk gadget Apple, podcast, sekaligus toko musik dan aplikasi. Proses update, backup, dan restore device iOS pun dijalankan lewat iTunes sehingga antarmuka software ini menjadi lamban dan membingungkan.  

Karena aneka macam fungsinya itu, iTunes menjadi aplikasi yang wajib hadir untuk para pengguna Mac yang juga memiliki gadget mobile Apple. Namun, bagi pengguna yang sekedar ingin menikmati musik, terdapat sejumlah software lain yang lebih fokus pada fungsinya sebagai music player.

Nah, berikut ini daftar alternatif iTunes yang bisa dicoba, sebagaimana dirangkum dari MacWorld dan Mashable.

1. Ecoute

Mashable
Ecoute

Ecoute dari PixiApps adalah standalone music player dengan antarmuka yang lebih sederhana dan “bersih” dibandingkan iTunes. Begitu di-install, Ecoute secara otomatis akan mendeteksi dan mensinkronkan diri dengan database iTunes yang sudah ada.

Aplikasi ini bisa menyortir musik berdasarkan nama lagu, penyanyi, album, komposer, genre, dan playlist. Ecoute juga menyediakan widget kecil di desktop yang muncul saat memutar lagu. Widget tersebut bisa digunakan untuk mengakses kontrol playback dengan mudah.

Ecoute bisa diunduh secara cuma-cuma lewat tautan berikut.

2. Fidelia

Audiofile Engineering
Fidelia

Nama Fidelia mengingatkan pada istilah audio high-fidelity. Demikian juga dengan tampilan antarmukanya yang dirancang agar mirip radio high-end. Software yang satu ini memang ditujukan bagi penggemar musik yang menginginkan audio berkualitas tinggi.

Fidelia pun mendukung aneka macam format audio seperti FLAC dan teknologi sample rate conversion dari iZotope. Aneka macam opsi plug-in serta fitur processing dan resampling turut disediakan.

Fidelia bisa dicoba gratis selama 15 hari. Setelah itu, pengguna harus membayar biaya sebesar 20 dollar AS.

3. Tomahawk

Mashable
Tomahawk

Tomahawk menyatukan semua koleksi musik di komputer dengan akun-akun layanan musik online yang dimiliki pengguna ke dalam satu kemasan. Layanan online yang didukung beraneka ragam, termasuk Soundcloud, Spotify (dengan akun premium), dan Last.fm.

Setelah semua sumber offline dan online telah sinkron, pengguna bisa langsung mencari sebuah lagu dari Tomahawk. Aplikasi ini secara otomatis akan memutar versi terbaik lagu tersebut dari semua sumber yang dimiliki pengguna.   

Halaman:
Baca tentang
Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com