Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 9 Bisa Dicoba Bulan Depan?

Kompas.com - 18/08/2014, 13:43 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ZDNet
Bocoran tampilan menu Start Windows 9

KOMPAS.com - Sistem operasi desktop terbaru dari Microsoft, Windows 9, kabarnya sudah akan bisa dicoba pada September mendatang dalam bentuk versi "technology review", menurut laporan sumber internal yang dikutip oleh ZDNet.

Windows 9 adalah bagian keluarga sistem operasi baru Microsoft bernama "Threshold" yang turut mencakup sistem operasi untuk perangkat tablet dan smartphone.

Windows 9 sendiri disinyalir bakal mengusung sejumlah pembaruan untuk memudahkan pemakaian sistem oeprasi itu pada perangkat yang tak memiliki touchscreen.

Sejumlah fitur baru pada sistem operasi ini disebutkan mencakup Start Menu versi "mini", aplikasi "Metro" yang bisa berjalan di lingkungan desktop dan terbungkus dalam "window", dan teknologi personal assistant Cortana.

Sebagian besar perubahan pada Windows 9 kemungkinan sengaja dibuat oleh Microsoft untuk "mengobati" kekecewaan sebagian pengguna yang merasa bahwa Windows 8 terlalu mengedepankan antarmuka layar sentuh.

Versi "Technology preview" dari Windows 9 turut dikabarkan bakal tersedia bebas untuk publik dan bisa dicoba oleh siapapun.

Nantinya, pengguna Windows 9 versi Technology Peview harus mengunduh update bulanan yang akan disalurkan secara otomatis oleh Microsoft. Versi final dari sistem operasi ini baru akan dirilis pada 2015 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com