Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android L Itu Bernama Lemon Pie?

Kompas.com - 25/08/2014, 11:23 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Google telah mengumumkan fitur-fitur baru dalam versi Android berikutnya, kemungkinan versi 5.0. Namun, Google baru memberinya nama Android L, versi nama sesuai urutan abjad.

Saat pertama kali diperkenalkan, banyak yang memprediksi bahwa L adalah singkatan dari "Lollipop". Namun, baru-baru ini muncul bocoran bukti yang mengindikasikan Google telah memilih nama lain.

Nama tersebut bocor dalam sertifikasi Wi-Fi yang dikeluarkan untuk tablet HTC Nexus. Dalam sertifikasi itu, beberapa item banyak yang menggunakan singkatan "LMP," seperti "lmp-preview-release" dalam informasi firmware SDK Android L preview. Singkatan LMP juga muncul jika dicari dalam firmware versi Android Open Source Project (AOSP).

Situs Android Police pada Minggu (24/8/2014) kemudian melakukan riset dan menemukan bahwa satu-satunya makanan penutup dengan inisial LMP yang paling dekat adalah Lemon Meringue Pie dan nama itu besar kemungkinannya akan dijadikan sebagai kode internal Android L yang akan dirilis dua atau tiga bulan lagi.

Android Police
Sertifikasi WiFi milik tablet HTC Nexus yang menyebut inisial LMP dalam firmware-nya.

Walau demikian, Android L versi final belum tentu tetap akan menggunakan nama tersebut. Kemungkinan Google juga akan mengkomersilkan nama versi Android terbarunya, seperti yang dilakukannya dengan brand coklat KitKat.

Namun, untuk saat ini, Android L kemungkinan akan diberi nama Lemon Meringue Pie, kue panggang dengan kerak di bagian bawahnya, dan berisi custard lemon dengan topping terbuat dari kocokan putih telur dan gula. Kue ini biasa dijadikan sebagai hidangan penutup makanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com