Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Jam Tangan Pintar Samsung Gear S

Kompas.com - 09/09/2014, 10:33 WIB
Laksono Hari Wiwoho

Penulis

BERLIN, KOMPAS.com - Ide Samsung untuk membawa inovasi teknologi digital yang menyatu dengan gaya hidup semakin nyata dalam wujud wearable device, salah satunya Samsung Gear S. Di pameran elektronik IFA Berlin 2014, 5-10 September, Samsung unjuk gigi kemampuan jam tangan pintar yang memiliki konektivitas telefoni selular tersebut.

Adalah Tony Kim, Senior Manager of Strategic Marketing Office Mobile Communication Samsung Electronics, yang mempertontonkan kepiawaian smartwatch berbasis sistem operasi Tizen tersebut kepada sejumlah media massa, termasuk wartawan Kompas.com, Laksono Hari Wiwoho, di Berlin.

Kim mengatakan, bentuk Gear S yang melengkung sengaja didesain untuk menyesuaikannya dengan pergelangan tangan. Layar Super AMOLED berdimensi lebar 2 inci membuat penggunanya lebih mudah menyentuh ikon-ikon aplikasi atau bahkan kibor QWERTY berukuran mini.

Di sisi lain, ukuran tersebut menjadikan jam tangan ini tampak besar, khususnya bagi wanita. Namun, toh pengguna cewek tetap bisa tampil gaya dengan jam tangan tersebut karena tali pengikatnya dapat digonta-ganti dengan berbagai warna pilihan.

Tema gambar (theme) pada home screen juga dapat dengan mudah diubah sesuai selera. Ketika berstatus idle dan layarnya menjadi gelap, cukup kibaskan tangan dan jam tangan pun kembali menyala.

Gear S juga memuat sejumlah aplikasi dasar komunikasi, antara lain pesan singkat, kalender, e-mail, dan notifikasi social media. Panggilan telepon dalam jaringan 3G dapat dilakukan dengan penggunaan bluetooth headset ataupun speaker internal.

Pengguna bahkan dapat mengalihkan panggilan telepon (call forwarding) pada ponsel ke jam tangan tersebut, sehingga dapat terus berkomunikasi tanpa memegang ponsel.

Jam tangan ini juga menunjang aktivitas olahraga penggunanya, misalnya lari. Selain dapat merekam aktivitas jantung maupun rute perjalanan, Gear S juga dapat merekam catatan kesehatan tersebut dan menunjukkannya dalam rupa grafik.

Bagaimana jika digunakan untuk berenang? Maaf, meski jam ini tahan air, tidak dianjurkan untuk menggunakannya di dalam air dalam waktu lama dan hanya sebatas kedalaman 1 meter. "Kalau basah atau kena hujan saja, tidak masalah," kata Kim.

Kim sempat mendemonstrasikan penggunaan jam tersebut untuk memutar lagu, call forwarding, dan mengetik. Untuk aktivitas normal, Kim menyebutkan bahwa baterai Gear S dapat bertahan hingga dua hari.

Namun, jangan harap bisa memotret dengan jam tangan ini, sebab ia tak dilengkapi kamera. "Ruangnya tidak cukup untuk meletakkan kamera," ujar Kim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com