Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Garansi" di Play Store Kini Mencapai 2 Jam

Kompas.com - 11/09/2014, 15:21 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Google mengeluarkan kebijakan barunya terkait dengan penjualan aplikasi di Google Play Store. Kini, pengguna bisa me-refund aplikasi yang dibeli selama 2 jam setelah dipasang.

Kebijakan refund di Play Store telah mengalami beberapa perubahan. Awalnya, Google membolehkan pengguna untuk mendapatkan kembali uangnya dalam waktu 24 jam setelah pembelian. Hal itu kemudian mendapat protes dari para pengembang aplikasi karena dirasa terlalu lama.

Google kemudian mengubah kebijakan refund itu menjadi hanya 15 menit setelah aplikasi berbayar dipasang di smartphone atau tablet Android.

Nah, kini Google kembali mengubah kebijakan itu dengan membolehkan pengguna meminta uang mereka kembali dalam periode 2 jam setelah mereka mengunduh aplikasi atau game di Play Store.

Waktu dua jam yang diberikan Google menurut The Verge (10/9/2014) terasa terlalu murah hati. Dalam jangka waktu dua jam itu, pengguna bisa me-review sebuah aplikasi atau game, apakah sesuai dengan harapannya atau tidak.

Metode garansi untuk sebuah aplikasi atau game ini juga dimiliki oleh platform Windows Phone. Namun, di Windows Phone, tergantung pengembangnya. Jika setuju, pengembang aplikasi Windows Phone membolehkan penggunanya mencoba selama rentang waktu tertentu.

Layanan yang sejenis saat ini tidak tersedia di platform iOS. Proses refund di Apple App Store bisa dilakukan dengan mengajukan secara manual ke layanan pelanggan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com