Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Advertorial

HP Pavilion 15-P229AX, Laptop Gaul untuk Kebutuhan Multimedia dan Gaming

Kompas.com - 27/02/2015, 08:34 WIB
advertorial

Penulis

HP Pavilion 15-P229AX merupakan  varian laptop gaming mainstream dengan prosesor AMD APU A10-5745M Quad Core berbasis Richland. APU ini menggunakan fabrikasi 32nm, dimana APU ini telah mengalami banyak peningkatan terutama pada nilai clock dan juga grafis apabila dibandingkan dengan arsitektur sebelumnya yakni Trinity.  Kelebihan lain dari APU Richland ini adalah penghematan daya 17% pada posisi idle dan 40% pada saat memainkan video 720p. Dengan begitu pengguna dapat menikmati hiburan 3D atau game lebih lama dibanding menggunakan APU sebelumnya.

Tidak hanya didukung dengan prosesor AMD APU A10-5745M Quad Core, laptop ini juga dilengkapi oleh grafis diskrit AMD Radeon R7 M260 dan komponen RAM sebesar 2GB. Grafis AMD Radeon R7 M260 merupakan komponen yang dirancang dengan arsitektur GCN (Graphics Core Next), yang di dalamnya terdapat  teknologi Mantle. Mantle  memungkinkan pengguna menikmati kelebihan optimal dari game-game yang sudah mendukung teknologi ini. Selain itu juga terdapat teknologi  DirectX 12 yang menjamin dukungan atas judul-judul game terbaru atau yang akan diluncurkan di kemudian hari hingga beberapa tahun ke depan.

Juga ada teknologi AMD Enduro yang bekerja secara otomatis mendeteksi aplikasi-aplikasi yang memerlukan GPU yang hemat daya atau aplikasi-aplikasi yang memerlukan tenaga lebih. Kemudian ada AMD App Acceleration yang mampu memberi daya dorong performa ke aplikasi harian dan meningkatkan efisiensi perangkat.

HP Pavilion 15 P229AX memiliki layar berukuran 15,6 inchi Full HD dengan resolusi 1920 x 1080 piksel dan anti-glare. Laptop ini dilengkapi dengan port HDMI, SD card reader, combo headphone atau mic port, Ethernet LAN, dan tentu saja optical DVD super multi yang support CD-R/RW, DVD+/-R/RW/DL dan DVD-RAM.

HP Pavilion 15-P229AX ini juga memiliki penyimpanan hard disk seluas 1 TB yang memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk menyimpan hingga 500 film, jutaan foto dan ratusan ribu lagu. Selain itu, HP Pavilion 15 P229AX memiliki konektivitas input dan output yang cukup lengkap yakni 1 port USB 2.0, dan 2 ports USB 3.0 yang membuat proses membaca dan menulis data menjadi lebih cepat.

Bermain Game

Dilengkapi mesin olah dan layar full HD yang mengukuhkan laptop ini sebagai laptop gaming dan pekerjaan multimedia, pastinya harus ada dukungan suara yang berkualitas. Karenanya, HP Pavilion 15 P229AX menyertakan fitur BeatsAudio dengan Dual Speaker untuk memberikan pengalaman suara yang seru.Posisi speaker yang diletakkan pada keyboard mampu mengeluarkan suara yang enak dan cukup detil. Ukurannya yang besar memastikan suara yang dihasilkan cukup kencang untuk kelas laptop.

Layar besar untuk sebuah laptop, merupakan solusi bagi mereka yang ingin bekerja multimedia dan bermain games. Untuk bermain games, dari berbagai pengujian didapat hasil bahwa chip grafis Radeon R7 M260 mampu menjalankan berbagai game mainstream terbaru dengan spesifikasi menengah.

Pengujian melalui Sky Diver milik 3DMark mendapatkan skor 3634. Rinciannya, graphics test 1 17.41 FPS, graphics test 2 18.38 FPS, dan combined test 17.97. Game bisa berjalan baik dengan pengaturan grafis otomatis atau medium.

FIFA15 misalnya, game sepak bola ini bisa dijalankan secara lancar di resolusi 1280x720 dengan pengaturan grafis otomatis. Dalam setiap pertandingan yang berjalan, pengiriman gambar rata-ratanya adalah 26 FPS. Cukup untuk mengontrol pemain jagoan bertanding secara online atau bermain bersama teman.

Game lain yang lancar dijalankan adalah Battlefield 4. Dengan pengaturan grafis otomatis, bermain secara offline atau online tidak menemukan masalah. Aksi tembak menembak bisa berjalan dengan baik karena gambar yang dikirimkan mencapai 21 FPS.

-

Untuk Bekerja

Bagaimana kemampuannya bila diajak bekerja? Pastinya  HP Pavilion 15 P229AX  ini tidak hanya melulu untuk bermain games. Laptop dengan berat 2,3 kg ini juga pantas untuk diajak bekerja. Kemampuan AMD Quad-Core A10-5745M dan grafisnya tidak perlu diragukan lagi dalam menjalankan berbagai software kantoran, fitur-fitur multimedia terbaru, menjalankan aplikasi-aplikasi berat untuk keperluan desain foto, edit video, programming, program desain menggunakan teknologi 3D atau sekadar browsing. Kebutuhan akan pekerjaan-pekerjaan modern bukan masalah besar bagi laptop ini.

Bahkan untuk bekerja, kenyamanan diperoleh dari layout keyboard yang luas. Antar tombol memiliki jarak yang pas sehingga mendukung proses pengetikan yang cepat dan tepat tanpa typo. Memasukkan angka juga lebih cepat karena ada tombol numerik layaknya keyboard pada computer desktop.

Saat diuji menggunakan PCMark 8, laptop ini mampu menjalankan aplikasi kantoran seperti mengetik, presentasi, juga spreadsheet dengan lancar. Skor yang didapat 608. Artinya, ketika diberi beban berlebih seperti memasukkan banyak gambar pada aplikasi presentasi, atau meng-input banyak angka untuk diolah, tidak menjadi masalah berarti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com