Pengguna Internet Indonesia Tembus 88 Juta - Kompas.com

Pengguna Internet Indonesia Tembus 88 Juta

Reska K. Nistanto
Kompas.com - 26/03/2015, 14:05 WIB

Ilustrasi.
JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah pengguna internet di Indonesia sepanjang tahun 2014 naik sebesar enam persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut data yang dirilis oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), jumlah pengguna internet pada tahun 2014 sebesar 88,1 juta. Angka tersebut naik dari 71,2 juta di tahun sebelumnya.

"Peningkatan ini banyak terjadi dari pengguna yang mengakses internet dari perangkat seluler," ujar Ketua Umum APJII, Samuel A. Pangerapan saat ditemui KompasTekno di kantor APJII di Jakarta, Kamis (26/3/2015).

Lebih lanjut, pria yang kerap disapa Sammy tersebut menjelaskan, jumlah pengguna internet dari perangkat seluler tahun 2014 naik menjadi 85 persen dibanding tahun sebelumnya yang sebesar 65 persen.

Namun demikian, APJII mendesak pemerintah untuk memperhatikan pembangunan infrastruktur jaringan kabel. "Jangan sampai pengakses internet hanya dari seluler nanti,  karena kita tahu kecepatan seluler itu terbatas," katanya.

"Kalau untuk penetrasi dan penyebaran, seluler memang lebih unggul, namun kalau soal kecepatan (kabel) memang harus menggunakan optik," ujar Sammy.

Soal kecepatan, APJII mengaku belum bisa mendata berapa kecepatan rata-rata internet di Indonesia dengan alasan pelanggan internet belum bisa menentukan berapa kecepatan internetnya.

"Mereka belum bisa membedakan yang mana yang broadband, mana yang enggak," ujar Sammy.

"Kalau pakai data ISP, mereka klaimnya angkanya gede-gede, padahal kenyataannya kan tidak begitu," imbuhnya.

PenulisReska K. Nistanto
EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM