Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Buat Kamera 3D untuk Ponsel

Kompas.com - 11/04/2015, 09:39 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber ENGADGET
KOMPAS.com - Intel selama ini telah menghadirkan teknologi kamera 3D di komputer desktop, laptop, tablet hingga drone. Pengumuman terbarunya kali ini melengkapi peruntukan teknologi bernama RealSense tersebut, yaitu modul kamera 3D yang bisa dipasang pada ponsel berukuran 6 inci.

CEO Intel Brian Krzanich baru-baru ini memamerkan teknologi RealSense untuk ponsel dalam ajang Intel Developer Forum (IDF) di Shenzen, Tiongkok. Bentuk modul tersebut mirip dengan modul kamera sebelumnya,namun dalam ukuran yang lebih ringkas dan langsing.

Seperti dikutip KompasTekno dari Engadget, Jumat (10/4/2015), Intel RealSense untuk ponsel dirancang agar panas yang dihasilkannya tetap rendah, juga diklaim punya jangkauan deteksi yang lebih jauh dibanding kamera sebelumnya.

Krzanich sendiri memamerkan modul tersebut di atas panggung dengan cara memasangnya ke dalam sebuah purwarupa ponsel pintar berukuran 6 inci. Sayangnya, eksekutif Intel ini tidak menghidupkan perangkat yang dipakainya itu.

Teknologi Intel RealSense ini akan membantu dalam hal pemindaian tiga dimensi, misalnya mengenali wajah pengguna perangkat. Dalam demo yang berbeda, Krzanich sempat menunjukkan sebuah tablet Windows 10 yang dikembangkan berbasis perangkat pengembangan Skylake lengkap dengan kamera RealSense di dalamnya. Pria ini menggunakan kamera tablet tersebut untuk memindai wajahnya sendiri dan membuka kunci tablet.

Selain memindai wajah, teknologi RealSense yang diterapkan pada drone diklaim bisa membuatnya anti-nabrak. Dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2015, awal tahun ini, Krzanich sempat memamerkan wujud teknologi tersebu dalam drone.

"Aneka drone ini bisa menghindari rintangan. Pada kenyataannya, dunia di sekeliling memang penuh berisi rintangan-rintangan," ujar pria berusia 54 tahun itu ketika berbicara di panggung CES.

Krzanich membuktikan ucapannya dengan cara "menyuruh" salah satu drone untuk melewati sebuah jalur yang dipasangi aneka halangan. Drone berteknologi RealSense pun terlihat terbang dengan cerdas, meliuk, dan berbelok untuk melewati rintangan di sekelilingnya.

Ketika sampai di ujung jalur dengan sebuah pintu tertutup yang tak bisa dilewati, drone sempat berpikir beberapa saat sebelum mengenali bahwa obyek di hadapannya adalah "pintu". Namun drone tidak langsung menerjang pembatas, melainkan menunggu agar pintu dibukakan oleh si empunya drone. Drone pun melenggang masuk setelah pintu tertutup itu dibuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com