Tiongkok Punya Mesin ATM dengan Pengenal Wajah - Kompas.com

Tiongkok Punya Mesin ATM dengan Pengenal Wajah

Reska K. Nistanto
Kompas.com - 02/06/2015, 10:34 WIB
Fabian Januarius Kuwado/ KOMPAS.COM Ilustrasi mesin ATM
KOMPAS.com - Tiongkok menjadi negara pertama yang memperkenalkan teknologi pengenal wajah dalam mesin anjungan tunai mandiri ( ATM).

Pada Jumat (29/5/2015) lalu, sebuah tim yang terdiri atas sebuah universitas dan perusahaan teknologi di Tiongkok memperkenalkan mesin ATM dengan teknologi pengenal wajah (facial recognition).

Mesin ATM baru buatan Tsinghua University dan Tzekwan Technology tersebut memiliki kamera yang akan merekam foto wajah dan membandingkannya dengan foto identitas untuk verifikasi.

Teknologi pengenal wajah ini akan menjadi lapisan pengaman identitas selain password atau PIN yang dibutuhkan untuk melakukan tarik tunai dengan kartu ATM.

Mesin ATM ini juga bisa terhubung dengan bank atau kantor polisi untuk menambah keamanan.

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Senin (1/6/2015), selain teknologi pengenal wajah, mesin ATM ini juga memiliki fitur anti-penipuan dan diklaim memiliki penanganan kerja yang lebih cepat.

ATM-ATM di Tiongkok saat ini memang masih bergantung pada teknologi impor, namun mesin ATM baru ini diklaim menggunakan teknologi asli buatan Tiongkok.

PenulisReska K. Nistanto
EditorReza Wahyudi

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM