Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thunderbolt 3, si "Kembaran" USB-C dari Intel

Kompas.com - 04/06/2015, 09:04 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Universal Serial Bus (USB) dan Thunderbolt adalah dua tipe konektor yang selama ini hidup berdampingan tapi tak saling kompatibel. Hal itu resmi diakhiri pada ajang Computex 2015 bersama dengan pengumuman standari Thunderbolt 3 dari Intel.

Menurut keterangan tertulis yang diterima Kompas Tekno, Selasa (2/6/2015), interface Thunderbolt versi terbaru ini menawarkan peningkatan kecepatan transfer data hingga 40 Gbps. Yang lebih penting, Thunderbolt 3 mengunakan konektor yang sama dengan USB-C.

Artinya, perangkat Thunderbolt 3 bisa terhubung dengan konektor USB-C, tak perlu lagi memakai port khusus yang berbeda bentuk Demikian juga sebaliknya.

Tapi pengguna hanya bisa mendapatkan kecepatan penuh mencapai 40 Gbps dengan memakai kabel khusus bertanda "petir" yang dibuat untuk Thunderbolt 3.

Kecepatan setinggi itu memungkinkan pengguna menjalankan 2 monitor 4K secara bersamaan. Daya sebesar 100 watt juga mampu disalurkan lewat kabel Thunderbolt 3.

Adapun perangkat-perangkat terdahulu dengan interface Thunderbolt  dan Thunderbolt 2 masih bisa disambungkan ke Thunderbolt 3 (USB-C) dengan memakai adapter khusus.

Thunderbolt 3 turut kompatibel dengan standar USB 3.0 (5 Gbps) dan USB 3.1 (10 Gbps).

Selama ini adopsi interface USB memang lebih meluas dibandingkan Thunderbolt yang relatif terbatas pada perangkat storage. Intel yang mengembangkan Thunderbolt bersama Apple pun akhirnya memutuskan untuk mengikuti standar USB.

Port USB-C sendiri belakangan telah mulai muncul, misalnya lewat laptop Apple MacBook 12 inci yang baru.

Intel menargetkan kabel-kabel Thunderbolt 3 akan mulai dkapalkan sebelum akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com