Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bloger Indonesia Diimbau agar Tingkatkan Kredibilitas

Kompas.com - 26/10/2015, 11:10 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — Pelaku industri menyerukan kepada bloger Indonesia tentang semakin pentingnya menguatkan kredibilitas. Hal tersebut perlu dilakukan agar bisa membuat bloger mampu menjadi penyampai pesan sekaligus pembangun opini publik yang berkualitas dan bertanggung jawab.

Pesan mengenai kredibilitas tersebut disampaikan dalam bincang-bincang menyambut Hari Blogger Nasional 2015, 27 Oktober 2015.

Bincang-bincang tersebut dihadiri para pelaku, aktivis, dan pengamat dunia pemasaran digital Indonesia, yakni Muhammad Imran dari Driven Asia dan Samudera Resource Indonesia, Priscila Carlita dari Twitter, Wiwik Wuryanti yang merupakan pelaku sekaligus pengamat pemasaran digital, dan Matahari Timoer, Ketua Panitia Blogger Camp Indonesia 2015.

"Sejak Hari Blogger Nasional dicanangkan dan keterlibatan bloger dalam penyebaran informasi serta pembentukan opini dan persepsi publik kian meningkat, seruan pesan tentang pentingnya blog dengan kredibilitas tinggi dan dapat dipertanggungjawabkan masih jarang didengungkan," kata Matahari, sebagaimana KompasTekno rangkum dari keterangan pers, Minggu (25/10/2015).

"Padahal pada era digital sekarang ini, ekspektasi lembaga terhadap keterlibatan bloger, khususnya dalam menyumbang pesan berkualitas, semakin meningkat. Ini fakta yang menjadi tantangan menarik bagi dunia blogging," lanjut pria yang akrab dipanggil MT ini.

Lantas, bagaimana cara membangun kredibilitas tersebut? Menurut Muhammad Imran, kredibilitas dapat terbangun dengan sendirinya jika blog yang dipublikasikan memiliki konten-konten yang menarik dan berkualitas.

"Kredibilitas tidak dapat dibangun sehari. Di samping latar belakang keahlian, kualitas konten dalam pesan yang disajikan memiliki makna penting dalam membangun kepercayaan pembaca terhadap apa yang disampaikan," kata Imran.

Ia juga menyerukan pentingnya fakta dan komitmen dalam penyebaran pesan secara bertanggung jawab.

"Judul dan paragraf awal sering menjadi target utama perilaku menyimak pesan netizen karena 85 persen pengguna internet menggunakan smartphone. Tulisan yang menarik tidak harus memprovokasi kegaduhan yang menyebarkan pesan-pesan tidak sehat. Semangat untuk bertanggung jawab, tetapi obyektif dan faktual harus dijiwai oleh Blogger Indonesia," ujarnya.

Guna mendukung pembangunan kredibilitas blog ataupun Blogger Indonesia dan menyambut Hari Blogger Nasional 2015, maka Blogger Camp Indonesia 2015 akan diselenggarakan dengan mengusung tema serupa.

Acara tersebut akan diadakan selama dua hari di Bogor, Jawa Barat, 26-27 Oktober, yang didukung oleh Indosat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com