Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/11/2015, 14:21 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber TechCrunch
KOMPAS.com - Pembuat wahana tanpa awak (drone) DJI bekerja sama dengan Canonical untuk membuat sebuah komputer mini bernama Manifold, yang bisa disematkan pada pesawat tanpa awak. Komputer tersebut berfungsi untuk menyimpan dan menggerakkan aplikasi tertentu khusus drone.

Manifold hanya bisa digendong drone Matrice 100 buatan DJI yang dibanderol 3.300 dollar AS atau sekitar Rp 44 juta. Sedangkan Phantom, seri lain yang sudah cukup banyak dikenal, tidak mendukung komputer mini ini.

Dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (3/11/2015), komputer tersebut memiliki dapur pacu berupa prosesor quad core ARM Cortex A-15 serta sebuah GPU berbasis Nvidia Kepler.

Penyematan GPU di dalam komputer ini bukan untuk tujuan grafis, melainkan sebagai piranti pemrosesan gambar yang ditangkap kamera drone serta sebagai penambah tenaga komputasi.

DJI berpendapat bahwa komputer mini seperti ini akan membuka jalan untuk kemunculan aplikasi kecerdasan buatan, misalnya model computer vision serta deep learning yang dipadukan dengan pesawat tanpa awak.

Komputer mini itu juga dibekali dengan port USB standar serta Ethernet yang dapat disambung dengan kamera infra merah, alat penelitian atmosfer, peralatan survei, dan berbagai sensor lain.

"Dengan Manifold, kami telah memasuki era baru dengan platform udara yang lebih cerdas, cepat, serta tangguh. Manifold memberi jalan pada teknologi permukaan dan udara agar bisa bekerja sama menyelesaikan masalah rumit," ujar Director of Strategic Partnership DJI Micahel Perry.

Mengingat DJI bekerja sama dengan Canonical, software yang digunakan untuk menjalankan komputer tersebut adalah Ubuntu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechCrunch

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com