Apple Watch Malah Bikin Pesaingnya Laris - Kompas.com

Apple Watch Malah Bikin Pesaingnya Laris

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 06/11/2015, 07:31 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Arloji pintar Pebble Time dengan layar e-paper yang berwarna

KOMPAS.com - Saat kehadiran Apple Watch masih menjadi rumor, banyak pihak yang khawatir dengan kemungkinan buruk atas hadirnya arloji pintar tersebut.

Watch diduga akan membunuh eksistensi vendor smartwatch lainnya. Salah satunya Pebble. Tapi, kini kekhawatiran tersebut justru berbanding terbalik.

CEO Pebble Eric Migicovsky mengatakan, Watch sama sekali tak berdampak pada penurunan penjualan produk Pebble. Justru, Watch membantu mendongkrak penjualan Pebble.

"Nyatanya, penjualan kami naik dua kali lipat tahun ini, jika dibandingkan tahun lalu," kata dia, sebagaimana dilaporkan TheNextWeb dan dihimpun KompasTekno, Kamis (5/11/2015).

Alasannya terkait dengan kemampuan Apple menyedot perhatian massa. Dampaknya bukan hanya pada Watch, tapi pada industri smartwatch secara keseluruhan.

Sebelumnya hanya segelintir orang yang menganggap smartwatch sebagai penunjang "gaya hidup masa kini". Lalu muncul Apple Watch yang segera "merasuki" kesadaran masyarakat tentang smartwatch.

Akhirnya, makin banyak orang yang "ngeh" akan kehadiran smartwatch. Tak hanya yang dibuat Apple, namun juga yang dibuat oleh vendor lain.

Terlebih, menurut Migicovsky, Watch hanya menyasar para pengguna iOS yang rata-rata berlatarbelakang kelas sosial menengah ke atas. Sementara Apple sudah menyebar atensi tentang smartwatch ke berbagai kalangan.

Karena itu, berbagai vendor lain kecipratan dampak sosialisasi Apple akan smartwatch. Tahun ini, produk andalan Pebble Time mencatat sejarah penjualan paling sukses di Kickstarter.

Diketahui, Pebble Time yang dirilis Mei lalu mencapai target pendanaan 18 juta dollar AS atau setara Rp 245 miliar hanya dalam hitungan hari. Padahal, waktu pengumpulan dana masih tersisa setengah bulan.

PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorWicak Hidayat

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM