Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Facebook Dirusak Gerombolan Orang tak Dikenal

Kompas.com - 14/12/2015, 11:21 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Kantor Facebook di Hamburg, Jerman, diserang sekelompok orang pada Minggu (13/12/2015) malam, waktu setempat. Para penyerang memecahkan kaca gedung kantor, melempar cat, serta mencoret dinding dengan tulisan berbunyi "Facebook Dislike".

Kepolisian memperkirakan serangan dilakukan oleh sebuah gerombolan yang terdiri antara 15 hingga 20 orang. Masing-masing mengenakan kaus serta kerudung atau hoodie warna hitam.

Untungnya, disebutkan oleh juru bicara Facebook, tak ada korban yang terluka akibat penyerangan tersebut.

Hingga kini belum diketahui motif penyerangan atau maksud dari tulisan yang dibubuhkan ke dinding kantor media sosial itu.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Business Insider, Senin (14/12/2015), Head of Facebook Eropa sedang diselidiki oleh kepolisian Jerman karena diduga gagal menghapus konten kebencian yang diunggah penggunanya.

Konten kebencian yang dimaksud sebenarnya bukan cuma muncul di Facebook. Media sosial lain pun mengalaminya, dan sejumlah politikus serta selebriti telah mengeluarkan suara karena khawatir terhadap konten itu.

Kepolisian setempat juga telah melakukan investigasi terkait masalah itu, tepatnya sejak sebulan lalu.

Sementara itu juru bicara Facebook membantah dugaan mengenai kegagalan mereka memblokir ujaran kebencian yang diunggah penggunanya.

Selama ini media sosial buatan Mark Zuckerberg itu telah bekerja sama dengan grup FSM yang mengawasi dan mendorong pengguna untuk menentang berbagai tindak kebencian dan diskriminatif, misalnya rasisme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com