Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Ingin Bantu Pengguna iPhone Pindah ke Android?

Kompas.com - 12/01/2016, 09:07 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Ubergizmo
KOMPAS.com - Apple disebut membuat sebuah keputusan yang cukup aneh. Perusahaan yang berpusat di Cupertino itu kabarnya sedang mengembangkan aplikasi yang memudahkan pengguna perangkat iOS seperti iPhone untuk berpindah ke Android.

Sebelumnya, Apple sudah pernah merilis sebuah aplikasi bernama Move to iOS. Aplikasi tersebut menjanjikan kemudahan untuk memindahkan segala data, termasuk kontak, foto, dan video, dari Android ke perangkat iOS.

Aplikasi Move to iOS sendiri merupakan upaya dari Apple untuk "merayu" pengguna Android berpindah ke perangkat berbasis iOS.

Nah, kabar pembuatan aplikasi "iOS ke Android " itu aneh karena dinilai malah bisa mewujudkan hal sebaliknya, yakni mempermudah keputusan berpindah perangkat dari iOS ke Android. Ini tentu tidak sejalan dengan keinginan Apple untuk melengserkan kompetitornya, terutama Android.

Lantas, mengapa Apple mau mengembangkan aplikasi "iOS ke Android"? Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Ubergizmo, Senin (11/1/2016), jika benar, keputusan Apple tersebut lebih ke arah hukum.

Tampaknya, para operator di Eropa menganggap Apple sedikit melakukan monopoli karena membuat penggunanya kesulitan untuk berpaling dari ekosistem iOS. Hal tersebut membuat pengguna tidak memiliki keinginan untuk pindah ke platform alternatif, seperti Android.

Operator-operator di Eropa sendiri tidak hanya menjual perangkat berbasis iOS saja. Produk-produk berbasis Android dan Windows Phone juga dijual. Tentunya, jika sulit untuk berpindah, produk-produk dari platform lainnya pun bakal kurang laku.

Meski belum mengeluarkan pernyataan resmi, Apple dikatakan sudah menyetujui permintaan dari para operator tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com