Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2016, 16:38 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis


KOMPAS.com
- Tepat 20 tahun lalu Nintendo memasarkan game Pokemon ke tangan bocah-bocah tahun 90-an lewat gawai Game Boy. Hari ini, permainan itu datang lagi dan menantang Anda untuk menaklukan monster-monster Pokemon dengan bantuan smartphone.

Para monster tersebar di berbagai tempat. Aplikasi nantinya akan memberikan notifikasi sebagai pendeteksi keberadaan mereka. Kemudian, melalui layar ponsel, Anda dapat melihat keberadaan Pokemon dan menangkapnya. (Baca juga: Apa Itu Pokemon Go?).

Tapi, permainan tersebut membutuhkan kekuatan dan kesiagaan smartphone agar tahan dibawa menangkap monster Pokemon seharian. Nah, apa saja sekiranya yang membuat ponsel Anda menjadi pasangan serasi untuk bermain Pokemon Go? Berikut ini lima pertandanya:

1. Baterai

Pokemon Go berbasis augmented reality serta membutuhkan fungsi kamera, internet, dan GPS untuk menjalankannya. Belum lagi, notifikasi penanda keberadaan Pokemon yang mungkin datang kapan saja ketika mereka ada di sekitar Anda.

Radar bisa saja berbunyi ketika Anda makan siang atau di jalan sepulang kerja. Untuk itu, ada baiknya Anda membekali ponsel dengan baterai berkapasitas besar agar ponsel selalu siaga menaklukan dunia Pokemon.

Katakanlah, paling tidak ponsel Anda memiliki baterai berdaya 3.000 mAh sampai 3.600 mAh. Kapasitas sebesar itu tentunya membuat ponsel mampu bertahan sampai satu hari tanpa harus ribet mencari colokan atau disambungkan pada power bank.

2. Tidak cepat panas

Bagi yang sudah mencoba Pokemon Go, Anda pasti merasakan betapa "nagih"-nya game ini. Pemain bahkan bisa lupa diri dan menghabiskan waktu seharian menangkap Pokemon dan memerangi pemain lainnya.

Hasilnya, ponsel pun mudah overheat atau terlalu panas. Terlebih lagi, aplikasi Pokemon Go akan terus berjalan untuk mendeteksi keberadaan Pokemon meski tidak sedang dimainkan. Hati-hati, baterai dan ponsel Anda rawan rusak!

Solusinya, pemain sebaiknya rajin menutup aplikasi lain untuk mengurangi beban ponsel. Istirahatkan gawai dengan mematikannya saat Anda mengisi daya baterai.

Atau, Anda bisa memilih ponsel yang telah dilengkapi sistem pendingin sebagai alternatif lain. Sistem akan mencegah ponsel cepat panas meski dipakai main game dalam waktu lama.

3. Bebas gangguan

Keasyikan bermain game di ponsel tak jarang terganggu karena salah menyentuh layar. Niatnya ingin memasukkan monster Pokemon ke Pokeball, Anda malah menekan tombol "home". Permainan pun kelar untuk sementara.

Untuk menghindarinya, beberapa ponsel zaman sekarang sudah menyediakan fitur atau aplikasi Game Tools untuk para gamer. Anda bisa menghalau munculnya notifikasi dan mengunci tombol-tombol pada ponsel.

Fitur seperti di atas biasanya menyediakan pula pilihan seperti, screenshot atau record. Dengan begitu, Anda bisa langsung merekam atau foto bersama Pokemon yang baru ditangkap.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com