Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal BB10, BlackBerry Belum "Lempar Handuk"

Kompas.com - 06/10/2016, 14:18 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Pekan lalu, BlackBerry mengumumkan sebuah keputusan yang cukup mengagetkan. Setelah sempat menjadi raja, perusahaan asal Kanada itu memutuskan untuk berhenti mengembangkan dan memproduksi smartphone.

Kebijakan tersebut langsung disertai dengan pengumuman lainnya. BlackBerry menyatakan membentuk sebuah perusahaan joint venture dengan perusahaan asal Indonesia, TiPhone.

Bernama PT BB Merah Putih, perusahaan ini bertugas untuk mendesain, mengembangkan, mempromosikan, dan menjual smartphone BlackBerry berbasis Android di Indonesia. Kemungkinan, perangkat yang dibuat perusahaan baru itu juga dipasarkan ke luar Tanah Air.

Pertanyaan besarnya, bagaimana dengan kelanjutan perangkat berbasis sistem operasi BlackBerry (BB) 10? Apakah BlackBerry masih akan mendukung OS bikinannya tersebut? Bagaimana dengan nasib pemilik perangkat berbasis OS itu?

Kabar baik bagi para pecinta BlackBerry. Perusahaan tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Kamis (6/10/2016), masih belum "lempar handuk" atas OS tersebut. Perusahaan menyatakan akan terus mendukung pembeli smartphone berbasis BB 10 OS, setidaknya untuk sementara ini.

Bahkan, BlackBerry kemungkinan masih akan membuat smartphone BB 10 OS baru. Tentunya tidak dikerjakan sendiri, melainkan diserahkan ke pihak ketiga atau membuat perusahaan joint venture seperti yang dilakukannya di Indonesia.

BlackBerry sendiri nantinya akan berperan sebagai penyuplai software saja.

"Kami terus mendukung sistem operasi BB10; beberapa perusahaan tertarik untuk melisensi handset. Jika ini merupakan model bisnis yang secara solid terus maju, kami akan bekerja dengan manufaktur pihak ketiga," tutur Alex Thurber, Vice President Sales BlackBerry.

Meski begitu, belum ada kepastian, kapan rencana itu akan dijalankan.

"Tetapi kami belum cukup dekat untuk mengatakan kami akan melakukan rencana itu," pungkas Thurber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com