Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Ikutan Bikin Kacamata Pintar?

Kompas.com - 15/11/2016, 14:31 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Usai arloji pintar, Apple kabarnya sedang mencari-cari kategori perangkat baru untuk melebarkan sayap. Perusahaan yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat ini disinyalir berminat dengan wearable device berbentuk kacamata pintar.

Perangkat semacam ini diharapkan bisa terhubung secara nirkabel ke gadget macam iPhone, lalu menayangkan gambar atau informasi lain di depan mata pengguna. Ada juga kemungkinan implementasi Augmented Reality (AR) yang memang diminati oleh Apple.  

Baca: Mengapa Apple Pilih Kembangkan AR, Bukan VR?

Keterangan sumber yang dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Selasa (15/11/2016), menyebutkan bahwa Apple tengah mengeksplorasi kemungkinan membuat kacamata pintar tersebut.

Disebutkan juga bahwa Apple telah membicarakan perangkat dimaksud dengan para pemasok komponen potensial, juga memesan sejumlah kecil komponen layar “near-eye” (yang ditempatkan di depan mata) untuk keperluan pengujian.

Kacamata pintar sendiri bukan barang baru. Google telah mulai bereksperimen dengan perangkat serupa yang bernama Glass sejak beberapa tahun baru. Microsoft pun memiliki HoloLens.

Terakhir, Snap Inc. (Snapchat) mengimplementasikan konsep yang mirip tapi lebih terbatas dengan kacamata berkamera Spectacles.

Kacamata pintar bisa membantu upaya Apple merambah ranah wearable device lebih jauh di tengah penjualan iPhone yang mulai melamban. Perangkat macam ini juga bisa dijadikan perwujudan teknologi AR yang sedang terus dikembangkan oleh Apple lewat riset dan berbagai akuisisi.

Baca: 2017, Apple Dipastikan Bangun Pusat Riset di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com