Oppo F3 Resmi Dirilis di Indonesia, Dijual Rp 4,4 Juta - Kompas.com

Oppo F3 Resmi Dirilis di Indonesia, Dijual Rp 4,4 Juta

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 04/05/2017, 18:50 WIB
Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.com Oppo F3 dirilis di Indonesia, Kamis (4/5/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah memboyong seri F3 Plus pada akhir Maret lalu, kini Oppo menghadirkan varian "mini" dari smartphone tersebut, bertajuk "F3" tanpa embel-embel "Plus". Seri F3 ini lebih kurang sama dengan varian Plus, masih mengandalkan kamera selfie dengan sudut lebar 120 derajat.

Dengan begitu, pengguna bisa lebih mudah memotret selfie beramai-ramai dengan teman, atau kerap diistilahkan "group selfie". Tak perlu lagi tongkat narsis (tongsis), tangan yang harus dipanjang-panjangkan, atau wajah teman yang terpotong.

"Kami lihat orang Indonesia suka mengambil selfie rombongan. Kami ingin mempermudah mereka dalam menunjang kebiasaan itu supaya nggak rebutan (frame) kalau selfie sama teman," kata Media Engagement Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, Kamis (4/5/2017) dalam acara peluncuran yang digelar di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

Lantas, apa bedanya F3 Plus dan F3? Menurut Aryo, F3 sejatinya merupakan suksesor dari F1s yang sukses dengan kampanye "Selfie Expert" ala Oppo pada 2016 lalu. Bedanya, F3 mematrikan spesifikasi unggul F3 Plus dengan harga yang lebih bersahabat.

Jika F3 Plus dibanderol Rp 6,5 juta, maka F3 lebih murah dengan harga Rp 4,4 juta. Aryo mengatakan Oppo ingin kemampuan kamera sudut lebar bisa menjangkau masyarakat lebih luas.

"Kami tidak punya target khusus untuk perangkat ini. Yang jelas kami ingin lebih banyak kalangan masyarakat yang bisa menikmati keunggulannya dan orang-orang ingat F3 ketika berbicara soal selfie," Aryo menjelaskan.

Dengan harga yang lebih murah, ada spesifikasi dari F3 Plus yang harus dipangkas di F3. Misalnya saja, layar yang lebih kecil, kapasitas baterai lebih minim, dan kemampuan kamera belakang yang juga direduksi.

"Yang jelas kamera depannya benar-benar sama," ujar Aryo.

F3 mengusung layar in-Cell ukuran 5,5 inci dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5. Lightning-Fast Touch Access merupakan salah satu fitur pembuka ponsel yang dapat membuka perangkat dalam waktu 0,2 detik dengan pemindai sidik jari.

Menggunakan prosesor 8-inti, F3 dilengkapi RAM 4 GB dan memori 64 GB. Ada pula triple-slot tray yang dapat menampung dua kartu SIM Nano 4G dan microSD hingga 128 GB.

Kamera belakang F3 menawarkan kinerja fotografi dengan kecepatan autofokus PDAF berkualitas 13 megapiksel. Kamera depannya memadukan lensa 16 megapiksel untuk pemotretan tele dan 8 megapiksel untuk sudut lebar (wide).

Oppo F3 tersedia di gerai-gerai resmi Oppo mulai 13 Mei 2017.

Baca: Lebih Dekat dengan Smartphone Dual Selfie Oppo F3 Plus

PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM