Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar di Facebook Akhirnya Bisa Pakai GIF

Kompas.com - 16/06/2017, 07:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Facebook akhirnya memungkinkan pengguna untuk memberikan komentar dengan format GIF. Fitur tersebut sudah diuji coba sejak beberapa bulan lalu dan kini dirilis secara resmi untuk semua pengguna.

Ketika membuka laman Facebook, Anda bisa mengomentari postingan teman dengan GIF yang merupakan gambar bergerak singkat. Pilihan reaksi dengan GIF itu berupa ikon bertuliskan “GIF” di samping ikon emoji, stiker, dan attach foto, serta video.

GIF pada jejaring sosial inti Facebook pada dasarnya serupa dengan GIF pada layanan chatting Facebook Messenger. Ada beberapa rekan yang dirangkul sebagai penyedia GIF, yakni Giphy, Tenor, dan Disney.

Perlu dicatat, Anda cuma bisa menggunakan GIF dari pencarian yang disediakan di kolom komentar. Artinya, GIF itu cuma dari rekanan Facebook.

Anda tak bisa mengunggah GIF sendiri untuk memberikan reaksi ke postingan teman, sebagaimana dilaporkan Mashable dan dihimpun KompasTekno, Jumat (16/6/2017).

Sebelum Facebook, komentar dengan GIF sudah lebih dulu dimungkinkan di layanan mikroblog Twitter. Mekanismenya pun lebih kurang sama, di mana pengguna bisa menyomot GIF yang telah disediakan di kolom “reply” Twitter.

Fitur GIF di Facebook Messenger pun terbilang populer. Pada 2016 saja, pertukaran GIF di Facebook Messenger dilaporkan mencapai 13 miliar kali. Setiap menit, kata Facebook, ada sekitar 25.000 GIF yang dipertukarkan pengguna untuk berekspresi via chatting.

Selamat mencoba fitur baru di Facebook!

Baca: Begini Cara Download Video dan GIF di Twitter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com