OnePlus 5 Dituduh Curangi "Benchmark" - Kompas.com

OnePlus 5 Dituduh Curangi "Benchmark"

Oik Yusuf
Kompas.com - 22/06/2017, 09:04 WIB
OnePlus Tampak depan dan belakang OnePlus 5.

KOMPAS.com - Soal vendor komputer atau gadget yang mencurangi benchmark supaya mendapat skor setinggi mungkin adalah cerita lama. Kali ini, yang dituding melakukan manipulasi adalah OnePlus, pabrikan smartphone asal Shenzhen, China.

XDA Developers menemukan bahwa OnePlus 5, smartphone terbaru dari OnePlus yang baru saja diperkenalkan pekan ini, menerapkan teknik curang berupa manipulasi clockspeed.

Tepatnya, saat mendeteksi ada benchmark yang berjalan, OnePlus 5 langsung mengunci cluster CPU “little” dari chip Snapdragon 835 miliknya di frekuensi kerja tertinggi, yakni 1,9 GHz.

Padahal, clock speed cluster berisi empat core CPU hemat daya itu semestinya naik turun sesuai beban tugas, bukan mentok di atas sepanjang waktu.

Manipulasi OnePlus, karena itu, tak sesuai dengan keadaan di dunia nyata sehingga skor benchmark yang dihasilkan tidak representatif.

Kecurangan OnePlus 5 utamanya berdampak pada skor uji multi-core CPU yang lebih tinggi dari seharusnya, sementara uji single core relatif tidak terpengaruh.

Ada sejumlah sofware benchmark smartphone yang bisa dicurangi oleh OnePlus 5, termasuk AnTuTu, Quadrant, Vellamo, dan Geekbench, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (22/6/2017).

Efek samping dari manipulasi yang dilakukan OnePlus 5 adalah peningkatan suhu. XDA Developers mencatat suhu punggung ponsel bisa mencapai kisaran 50 derajat celsius ketika menjalankan uji GPU.

Unit pengolah grafis (GPU) Snapdragon 835 sebenarnya tidak diutak-atik, tapi penguncian cluster CPU rupanya bisa mendongkrak panas secara keseluruhan.

Analisis selengkapnya dari XDA Developers mengenai kecurangan OnePlus 5 bisa dilihat di tautan berikut.

Baca: OnePlus Curangi Hasil Benchmark Antutu?

PenulisOik Yusuf
EditorDeliusno
SumberGSM Arena,
Komentar
Close Ads X