Populasi Android Nougat Sudah Dua Digit - Kompas.com

Populasi Android Nougat Sudah Dua Digit

Oik Yusuf
Kompas.com - 10/07/2017, 13:03 WIB
Foto di depan ikon Android Nougat di Googleplex, Mountain View, AS, Selasa (16/5/2017).Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com Foto di depan ikon Android Nougat di Googleplex, Mountain View, AS, Selasa (16/5/2017).

KOMPAS.com - Perlahan tapi pasti, populasi sistem Android 7.0 Nougat merangkak naik. Sistem operasi Android teranyar ini pada awal Juli tercatat sudah menyentuh angka "dua digit".

Sebanyak 11,5 persen perangkat Android yang beredar saat ini sudah menjalankan Nougat, menurut data distribusi OS Android yang dirilis oleh Google.

Angka tersebut naik dari 9 persen yang tercatat sebulan sebelumnya pada Juni lalu, seiring dengan makin banyaknya jumlah perangkat yang mendapat update Nougat dari vendor masing-masing.

Asus, misalnya, telah mulai menyalurkan update Nougat untuk perangkat ZenFone 3 Zoom dan Laser pada bulan Juni, begitu juga Motorola X Play dan X Force serta sejumlah model dari Lenovo dan Sony.

Nougat bukan satu-satunya versi Android yang mengalami kenaikan populasi. Versi sebelumnya, Android 6.0 Marshmallow, tercatat juga mengalami pertumbuhan jumlah perangkat dari 31,2 persen bulan lalu menjadi 31,9 persen.

Sementara, populasi versi Android yang lebih lawas cenderung turun. Seperti misalnya Android 5.0 Lollipop yang berkurang dari 30,8 persen ke 30,1 persen di periode yang sama, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Senin (10/7/2017).

Sejumlah versi Android yang sudah sangat uzur tercatat masih eksis, meski dengan persentase populasi di bawah satu persen, yakni Gingerbread (Android 2.3.3-2.3.7) dan Ice Cream Sandwich (Android 4.0.3- 4.0.4).

PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM