Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google, Twitter dkk Kompak Demo Pemerintah

Kompas.com - 14/07/2017, 06:52 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Jejeran raksasa teknologi seperti Google, Facebook, Twitter, Netflix, Spotify, Amazon dkk, berunjuk rasa mendukung aturan netralitas internet alias net neutrality. Aturan yang ditetapkan pemerintahan Barrack Obama pada 2015 tersebut hendak dihapus oleh pemerintahan Amerika Serikat yang baru di bawah kepemimpinan Donald Trump.

Tepatnya, ketua Federal Communications Commission (FCC) yang baru, Ajit Pai, mengusulkan proposal penghapusan aturan net neutrality pada akhir Mei 2017. Berbagai golongan masyarakat sontak memprotes ketetapan itu.

Pasalnya, net neutrality menjamin perlakuan yang adil dari penyedia jasa internet (ISP) -dalam hal ini para operator telekomunikasi- ke penyedia konten internet semacam Google dkk. Tanpa aturan itu, ISP bisa semena-mena memblokir, mempercepat, atau memperlambat akses netizen ke konten tertentu.

Demo melalui kampanye digital

Unjuk rasa oleh Google dkk kompak dilakukan melalui kampanye digital, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (14/7/2017), dari The Verge. Mereka meminta dukungan para netizen untuk bersama-sama memerangi proposal penghapusan net neutrality.

Dalam sebuah postingan di blog resminya, Twitter mengingatkan netizen bahwa ISP wajib memberikan perlakuan yang sama untuk semua penyedia konten. Twitter pun mengajak penggunanya menggunakan tagar #NetNeutrality untuk mengekspresikan opini dan pikiran mereka atas proposal FCC.

Net neutrality adalah dasar untuk mewujudkan kompetisi yang bebas dan sehat. Siapa saja (penyedia konten) yang punya ide bagus, perspektif unik, dan visi yang menarik, bisa diperlakukan dengan aturan main yang sama,” kata Public Policy Manager Twitter, Lauren Culbertson.

Google juga bersuara lewat sebuah postingan di blog resminya. Raksasa mesin pencari itu menyebut “aturan net neutrality yang melindungi keterbukaan internet tengah dalam bahaya”.

Protes untuk perlindungan net neutralityTheVerge Protes untuk perlindungan net neutrality

Situs forum online Reddit menyampaikan protesnya dengan cara yang kreatif. Ketika membuka situsnya, Reddit berguyon dengan meminta pengguna meningkatkan anggaran bandwidth bulanan mereka.

Lantas ada sebuah pop-up yang muncul dengan pesan yang diketik sangat lambat bertuliskan, “internet kurang menyenangkan saat situs kesukaan Anda dibuka dengan lambat, bukan?”.

Ada pula tulisan yang muncul berbunyi “situs ini tak termasuk dalam paket layanan internet Anda”. Tentu saja itu adalah guyonan yang sekaligus merupakan sindiran benuansa satir. Reddit ingin memberi tahu konsekuensi jika net neutrality ditiadakan.

Protes untuk perlindungan net neutralityTheVerge Protes untuk perlindungan net neutrality

Netflix, Spotify, dan Airbnb, berbondong-bondong memasang banner pada situs masing-masing. Intinya, mereka meminta netizen mendukung perlindungan net neutrality.

Baca: Merasa Sebagai Imigran, Pendiri Google Ikut Demo di Bandara AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com