Aplikasi Keyboard Google Gboard dapat Fitur YouTube dan Maps - Kompas.com

Aplikasi Keyboard Google Gboard dapat Fitur YouTube dan Maps

Oik Yusuf
Kompas.com - 02/08/2017, 06:34 WIB
Fitur YouTube (kanan) dan Maps di aplikasi keyboard Google Gboard iOS.Google Fitur YouTube (kanan) dan Maps di aplikasi keyboard Google Gboard iOS.

KOMPAS.com - Selain digunakan mengetik, aplikasi keyboard Gboard kemampuan melakukan pencarian via Google langsung dari dalam aplikasi. Belakangan fitur tersebut dikembangkan lebih jauh dengan mengintegrasikan fitur pencarian video lewat YouTube dan sharing lokasi via Google Maps.

Tab khusus untuk membuka YouTube dan Google Maps ini bisa diakses di sisi atas antarmuka aplikasi, sederet dengan tombol "G" yang dipakai untuk mencari via Google.

Usai menemukan video lewat YouTube di Gboard, pengguna bisa mencantumkan (share) video yang bersangkutan di percakapan. Aplikasi chatting yang digunakan untuk percakapan ini bisa apa saja, baik WhatsApp, Messenger, iMessage, atau yang lain.

Akan halnya Maps, ketika dibuka dari Gboard, yang akan ditampilkan pertama kali adalah lokasi pengguna, diikuti lokasi-lokasi lain di sekiitar. Pengguna bisa mencari lokasi tertentu lewat Maps di kolom yang tersedia.

Seperti video YouTube, hasil pencarian lokasi ini juga bisa dikirim ke lawan bicara dalam percakapan di Gboard. Pengguna pun tak perlu membuka aplikasi YouTube dan Maps secara terpisah karena keduanya bisa diakses langsung dari Gboard.

Sayang, sebagimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (2/8/2017) sejauh ini fitur integrasi YouTube dan Maps hanya tersedia untuk Gboard versi iOS. Sementara itu, Gboard di Android memiliki fitur prediksi frase dan emoji hasil gambar tangan, yang tidak tersedia di Gboard iOS.

PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi
SumberThe Verge
Komentar