Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2017, 09:06 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Pendiri sekaligus Executive Chairman Alibaba Group, Jack Ma telah menerima tawaran untuk menjadi penasihat steering committee roadmap e-commerce Indonesia.

Kabar soal diterimanya tawaran ini disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, yang mendampingi Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution bertemu dengan Jack Ma di Beijing, Selasa (22/8/2017).

“Kami sudah sampaikan undangan resmi (tertulis) dan dengan senang hari Jack Ma menyetujuinya,” terang Rudiantara saat dihubungi KompasTekno, Rabu (23/8/2017).

Dia menambahkan, selain soal tawaran untuk menjadi penasihat e-commerce Indonesia, pertemuan dengan Jack Ma juga membahas sejumlah masalah lain. Beberapa di antaranya adalah mengenai sumber daya manusia dan proses pembuatan kebijakan.

“Yang pertama kami bicarakan kemarin adalah tentang issue cara mengembangkan kemampuan dan kapasitas sumber daya manusia, baik talenta untuk pemain (AI Coders) maupun perubahan mindset bagi policy maker dan masyarakat sebagai konsumen,” imbuhnya.

Pertemuan terbatas itu adalah tindak lanjut dari pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Jack Ma di Hangzhou pada September 2016 lalu. Kala itu, Presiden bertemu dan bicara dengan Jack Ma soal ajakan untuk bergabung menjadi penasihat steering committee roadmap e-commerce Indonesia.

Baca: Kisah Jack Ma, Orang Terkaya Kedua di China Pemilik Alibaba.com

Dalam kunjungan tahun 2016 itu, Jack Ma sendiri sudah menyetujui tawaran dari Presiden. Namun saat itu semua masih disampaikan secara lisan.

Roadmap e-commerce Indonesia sendiri sudah diumumkan sejak awal 2016 lalu. Di dalamnya memuat tujuh poin mengenai upaya pengembangan ekonomi digital, yaitu persoalan logistik, pendanaan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, pajak, pendidikan dan keamanan cyber.

Selanjutnya, pemerintah bekerja sama dengan berbadai pihak untuk membentuk sebuah Steering Committee. Nantinya, Steering Committee inilah yang akan membangun roadmap tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com