Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunda Dulu Upgrade ke Android 8.0 Oreo

Kompas.com - 22/09/2017, 12:04 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Uber Gizmo

KOMPAS.com - Google memang sudah merilis sistem operasi Android 8.0 Oreo untuk smartphone tipe Nexus, Pixel, dan sejumlah perangkat dari merek lain. Meski demikian, Anda sebaiknya tidak terburu-buru dan menunda dulu niat untuk mengunduh pembaruan itu.

Pasalnya, ada laporan yang mengindikasikan bahwa pembaruan Android 8.0 Oreo tersebut masih bermasalah dan bisa membuat smartphone mengalami malfungsi.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Uber Gizmo, Jumat (22/9/2017), salah satunya adalah Artem Russakovskii dari Android Police. Dia menggunakan smartphone Google Pixel XL.

Menurut Artem Russakovskii, pasca memperbarui sistem operasi Google Pixel XL miliknya ke Android 8.0 Oreo, smartphone tersebut jadi sering melakukan reboot. Pola reboot itu terjadi secara acak dan dalam frekuensi yang sangat mengkhawatirkan.

Kemudian diketahui bahwa ternyata masalah tersebut tidak hanya terjadi pada Artem Russakovskii. Setelah Android Police mengadakan jajak pendapat melalui akun Twitter resminya, banyak pengguna yang mengeluh mendapat masalah serupa.

Masalah tersebut pun telah dilaporkan pada Google Issue Tracker, yakni alat pelacak bug dan fitur yang biasanya digunakan secara internal di masa pengembangan sebuah produk. Anehnya, laporan ini malah ditandai sebagai “won’t fix (not reproducible)”.

Hingga sekarang masih belum jelas masalah apa yang menyebabkan terjadinya malfungsi pada pembaruan itu. Namun beberapa pengguna yang sukses roll-back ke sistem operasi Android Nougat, tidak lagi menemukan masalah serupa. Artinya sumber masalah diduga kuat ada pada software Android Oreo.

Google sendiri telah menganggapi adanya masalah pembaruan softaware tersebut. Mereka mengatakan sekarang sedang berusaha menyelesaikan masalahnya.

“Kami yakin hal itu disebabkan oleh masalah dalam file decriptor, namun sulit untuk mengonfirmasi kebenarannya tanpa menemukan konteks. Sekarang kami sedang bekerja memerbaikinya, dan memastikan agar penanganan untuk masalah serupa di masa yang akan datang bisa dilakukan dengan lebih baik,” demikian keterangan resmi Google.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Uber Gizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com