Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bikin Moto X4 Edisi Android One, Apa Bedanya?

Kompas.com - 22/09/2017, 18:41 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google baru saja mengumumkan kerja samanya dengan Motorola untuk membuat Moto X4 sebagai bagian dari Android One sekaligus Project Fi.

Seperti diketahui, Android One adalah proyek Google untuk menyediakan smartphone Android murni dengan jaminan software, hardware dan harga terjangkau.

Sedangkan Project Fi adalah mobile virtual network operator (MVNO) dari Google yang menyediakan layanan telepon, SMS, serta internet. Layanan itu dibuat atas kerja sama Google dengan berbagai operator seluler di seluruh dunia.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Jumat (22/9/2017), Moto X4 dalam versi Android One ini sudah mulai dibuka untuk pemesanan di Amerika Serikat (AS). Harga Moto X4 tersebut adalah 399 dollar AS atau setara Rp 5,3 juta.

Baca: Apa Itu Android One, Sekadar Ponsel Murah?

Moto X4 Android One ini berbeda dengan tipe orisinilnya yang dipamerkan di IFA 2017 dan akan dijual di Eropa serta belahan dunia lain. Perbedaan yang dimaksud rata-rata berada dalam aspek software.

Misalnya, di Moto X4 Android One tidak akan ada aplikasi Moto Voice, Moto Access, attentive display Alexa, atau pilihan navigasi satu tombol. Tetapi sejumlah fitur orisinil, yakni kontrol gestur dan pengaturan layar, masih bisa ditemukan di sana.

Sebagai gantinya, Google menyematkan aplikasi Google Assistant ke dalam Moto X4 Android One. Sistem operasi smartpone ini menggunakan Android 7.1 Nougat, tapi raksasa internet itu berjanji akan mengirimkan pembaruan Android Oreo dalam waktu dekat.

Dari sisi spesifikasi, pengguna bakal mendapatkan smartphone kelas menengah dengan harga tersebut. Layarnya berukuran 5,2 inci (1080p), chipset Snapdragon 630, baterai 3.000 mAh, serta kamera ganda di bagian belakangnya.

Kamera ganda Moto X4 memiliki ketajaman 12 megapiksel dan 8 megapiksel. Sedangkan kamera depannya memiliki ketajaman 16 megapiksel dan memiliki mode low light khusus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com