Apple Digugat Pembuat Fitur "Mirroring" iPhone - Kompas.com

Apple Digugat Pembuat Fitur "Mirroring" iPhone

Rizky Chandra Septania
Kompas.com - 18/11/2017, 18:39 WIB
Salah satu unit iPhone X yang dibeli oleh Kittiwat WangOik Yusuf/ KOMPAS.com Salah satu unit iPhone X yang dibeli oleh Kittiwat Wang

KOMPAS.com - Gugatan Aqua Connect Inc pada raksasa teknologi Apple mulai diselidiki oleh Komisi Perdagangan Internasional (ITC). Pada tuntutannya, Aqua Connect menyebutkan bahwa Apple telah melanggar paten sistem mirorring antar-perangkat.

Gugatan ini dikeluarkan per awal November 2017 lalu melalui pernyataan resmi Aqua Connect. Apple disebut menyematkan fitur AirPlay ke iPhone dan iPad yang diklaim menggunakan paten milik Aqua Connect tanpa persetujuan.

"AirPlay Mirroring menggunakan teknologi Aqua Connect yang telah dipatenkan. Sejak iOS 5, Apple selalu menyertakan fitur Mirroring AirPlay  yang menggunakan teknologi Aqua Connect dan tanpa izin dari kami," tulis Aqua Connect seperti dikutip KompasTekno dari BGR, Sabtu (18/11/2017).

Fitur AirPlay Mirroring memungkinkan pengguna iOS dan MacOS memindahkan tampilan perangkatnya atau streaming video ke televisi atau perangkat projector menggunakan Apple TV secara nirkabel.

Langkah ITC melakukan investigasi diperkirakan akan berdampak pada penjualan Apple. Jika Apple terbukti bersalah, ITC memiliki otoritas untuk memblokir penjualan iPhone dan iPad yang dianggap telah melanggar hak paten perusahaan lain.

Gugatan ini menambah daftar panjang 'drama' Apple terhadap perusahaan teknologi lain. Sebelumnya, perusahaan milik Steve Jobs ini terlibat perseteruan dengan pencipta chipset asal China, Qualcomm yang belum menemukan titik terang hingga saat ini. Bulan lalu, Apple baru saja memenangkan gugatannya terhadap Samsung atas hak paten layar geser.

PenulisRizky Chandra Septania
EditorReza Wahyudi
SumberBGR
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM