Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Maps Dukung Rute untuk Pesepeda Motor, Bedanya?

Kompas.com - 06/12/2017, 17:05 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

Sumber MASHABLE

KOMPAS.com - Google merilis fitur pencarian rute berdasar kendaraan roda dua (sepeda motor) untuk layanan Maps. Fitur rute motor di Google Maps ini resmi dirilis untuk pengguna di India.

Alasannya, India merupakan negara dengan jumlah pengguna kendaraan roda dua terbesar di dunia. Perbandingan kepemilikan sepeda motor dan mobil di negeri Bollywood itu tercatat mencapai angka 7:1.

"Sangat penting bagi kami untuk melakukannya -memilih India sebagai negara pertama- dengan benar," ujar Martha Welsh, Strategic Partner Development Manager Google Maps, dikutip KompasTekno dari Mashable, Rabu (6/12/2017).

Belum diketahui kapan fitur navigasi sepeda motor ini akan dirilis Google secara global, termasuk di wilayah Indonesia.

Baca juga : 8 Cara Memaksimalkan Google Maps untuk Keperluan Harian

Sebenarnya, rute yang mendukung rute sepeda motor sudah tersedia di Google Maps selama ini, namun pengguna harus berusaha mengulik setting untuk mengaksesnya. Pengguna bisa mematikan rute jalan tol yang tersedia saat mencari jalan, dari menu settings.

Apa bedanya?

Ketika pengguna menggunakan rute khusus sepeda motor, Google Maps akan merekomendasikan jalan alternatif yang tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda empat (mobil).

Welsh menambahkan, beberapa jalan tol di India tidak memperkenankan pengendara roda dua melewati jalur tersebut. Jadi ketika pengguna menggunakan mode navigasi kendaraan roda dua, jalan tersebut akan diabaikan.  

Dengan penambahan fitur ini, kini pengguna sepeda motor dapat memprediksi waktu sampai dengan lebih akurat. Sebab motor memiliki bodi yang lebih ramping dibandingkan mobil, sehingga membuatnya dapat melewati kemacetan dibanding mobil.
 
Panduan perjalanan roda dua sebetulnya telah lama disebut sebagai fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna GPS berbasis smartphone.

Baru baru ini, Waze juga dikabarkan telah merilis fitur navigasi roda dua yang sudah dapat digunakan di seluruh dunia.  

Baca juga : Diperbarui, Waze Sediakan Rute Sepeda Motor

Fitur ini menggunakan kecerdasan buatan yang memungkinan Waze memilih jalan tercepat berdasarkan pengalaman yang diberikan oleh penggunanya.

Mengingat Waze telah dibeli oleh Google pada 2013 silam, bukan tidak mungkin Waze akan membantu navigasi pada Google Maps menjadi lebih baik dengan akurasi yang lebih tepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber MASHABLE
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com