Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Google Permudah Cari Alamat dengan Maps

Kompas.com - 16/11/2017, 19:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

Sumber MASHABLE

KOMPAS.com - Ada angin segar bagi para pelancong yang menggantungkan Google Maps untuk menemukan alamat tertentu di tempat-tempat baru. Google mengumumkan perubahan desain Google Maps yang akan dirilis beberapa minggu ke depan.

Fitur ini diharapkan memudahkan pengguna untuk menemukan alamat tujuan lebih cepat. Caranya, Google akan menerapkan skema warna-warni untuk mengidentifikasi lokasi di Maps.

Pemberian warna pada lokasi ini bertujuan agar para pengguna lebih mudah dan cepat menemukan tempat tertentu, terutama di lokasi yang baru dikunjungi.

Untuk tempat-tempat dengan kategori makanan dan minuman, seperti kafe dan restoran, akan dilabeli warna oranye. Sementara untuk tempat perbelanjaan, akan diberi warna biru. Sedangkan warna biru muda akan dipakai untuk menandai lokasi hiburan.

Fasilitas publik seperti SPBU, bank, ATM, akan dilabeli warna biru keunguan. Warna merah akan digunakan sebagai simbol untu pelayanan kesehatan, seperti rumah sakit dan apotek. Maps juga akan mewarnai ruang terbuka hijau seperti taman dan kebun dengan warna hijau. Sementara rumah ibadah dilabeli warna abu-abu muda.

Baca juga : Google Maps Ungkap Persembunyian Pesawat Rahasia Star Wars

Selain pembaruan warna, Google Maps juga akan mendeteksi apa yang sedang pengguna lakukan, kemudian memberikan saran.

Misalnya, ketika pengguna berkendara dan tanki bahan bakar berkurang, Google Maps akan menyarankan SPBU terdekat dari jarak pengguna. Pun ketika pengguna mengaktifkan navigasi, Google Maps akan memberitahu letak halte bus atau tempat pemberhentian transportasi umum lainnya.

Berdasarkan laporan yang dihimpun KompasTekno dari Mashable, Kamis (16/11/2017), perubahan kecil di Google Maps ini akan bisa digunakan baik di aplikasi mobile, situs Google Maps, dan aplikasi pihak ketiga yang menggunakan jasa Google Maps.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com